STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG SEMBAKO DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN MINIMARKET DI PASAR TRADISIONAL “BANJOEMAS” DESA SUDAGARAN BANYUMAS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Sekar, Cahya Ningsih (2024) STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG SEMBAKO DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN MINIMARKET DI PASAR TRADISIONAL “BANJOEMAS” DESA SUDAGARAN BANYUMAS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SEKAR CAHYA NINGSIH_STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG SEMBAKO DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN MINIMARKET DI PASAR TRADISIONAL “BANJOEMAS” DESA SUDAGARAN BANYUMAS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bisnis dalam dunia perdagangan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Setiap individu membutuhkan harta dan kekayaan untuk memenuhi kebutuhannya. Pasar berfungsi sebagai pusat aktivitas ekonomi yang mendukung dan memperlancar berbagai kegiatan ekonomi bagi masyarakat. Desa Sudagaran memiliki pasar yang masih aktif beroperasi sampai saat ini yaitu, Pasar Banjoemas merupakan salah satu pasar yang ada di Kabupaten Banyumas, yang terletak di Desa Sudagaran, Kecamatan Banyumas. Pasar Banjoemas berdiri sebelum berdirinya minimarket. Dengan banyaknya minimarket yang semakin berkembang mempengaruhi perilaku dan strategi pemasaran yang bervariasi. mulai dari cara mempromosikan produk, menawarkan diskon, bonus, potongan harga, hingga menjual barang dengan harga yang lebih murah. Metode penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research). Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, dan observasi. Langkah terakhir dalam metode penelitian ini adalah analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang diterapkan oleh pedagang sembako Pasar Banjoemas mencakup empat aspek utama yaitu: Strategi Produk, Strategi Harga Strategi Promosi, Strategi Pelayanan. Dalam perspektif ekonomi syariah Strategi yang diterapkan meliputi beberapa aspek. Pertama, menjual barang yang memenuhi aspek kehalalan atau yang diperbolehkan untuk diperjualbelikan, serta memastikan produk memiliki kualitas yang baik. Kedua, strategi harga, yaitu dengan memberikan harga yang wajar dan tidak merugikan konsumen. Ketiga, strategi pelayanan, di mana pedagang berusaha menunjukkan kesopanan dan keramahan, serta memberikan perhatian penuh kepada pembeli yang ingin bertransaksi. Keempat, strategi promosi yang tidak ada sistem gharar atau ketidakjelasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Perkembangan Minimarket, Pasar Tradisonal
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sekar Cahya Ningsih
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:54
Last Modified: 23 Oct 2024 07:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27760

Actions (login required)

View Item View Item