Kayyis, Silvia (2024) PENGARUH E-WOM, E-TRUST DAN ISLAMIC E-SERVICE QUALITY TERHADAP INTENSITAS PEMBELIAN DI PLATFORM LAZADA (Studi Kasus Mahasiswa Kota Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Kayyis Silvia_Pengaruh E-WOM, E-Trust dan Islamic E-Service Quality Terhadap Intensitas Pembelian di Platform Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Kota Purwokerto)_compressed.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan pesat e-commerce di Indonesia telah mengubah perilaku konsumen, khususnya di kalangan mahasiswa yang semakin terbiasa melakukan transaksi secara online. Salah satu platform yang banyak digunakan adalah Lazada, yang bersaing ketat dengan menarik minat konsumen. Dalam lingkungan yang sangat kompetitif ini, berbagai faktor seperti Electronic Word Of Mouth (E-WOM), E-Trust (kepercayaan), dan Islamic E-Service Quality (kualitas pelayanan islami) menjadi penting dalam menentukan Intensitas Pembelian konsumen. Ulasan atau rekomendasi online (E-WOM) sering berperan besar dalam memperngaruhi keputusan pembelian, meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa pengaruh E-WOM bisa bersifat positof atau negatif sesuai dengan kualitas ulasan yang diberikan. Selanjutnya E-Trust atau kepercayaan menjadi faktor yang penting, terutama terkait keamanan transaksi dan kepastian kualitas produk yang ditawarkan. Di sisi lain, semakin banyak konsumen muslim yang mengutamakan layanan e-commerce yang sesuai dengan prinsip syariah, seperti transparansi, keadilan, dan produk halal, sehingga Islamic E-Service Quality menjadi elemen yang signifikan dalam menarik pasar muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-WOM, E-Trust dan Islamic E-Service Quality terhadap Intensitas Pembelian di platform Lazada, dengan fokus pada mahasiswa di Kota Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik random sampling dengan melibatkan 100 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket), data diolah menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan pada variabel E-WOM terdapat pengaruh yang negatif terhadap Intensitas pembelian. Pada variabel E-Trust terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Intensitas Pembelian, dan pada variabel Islamic E-Service Quality terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Intensitas Pembelian di platform Lazada pada mahasiswa Kota Purwokerto.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-WOM, E-Trust, Islamic E-Service Quality, Intensitas Pembelian |
Subjects: | 000 Generalities > 080 General collections |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Kayyis Silvia |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:15 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:15 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27741 |
Actions (login required)
View Item |