INTERNALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MIN 1 CILACAP

MOHAMMAD, IMAM WAHYUDIN (2024) INTERNALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MIN 1 CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MOHAMMAD IMAM WAHYUDIN_INTERNALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MIN 1 CILACAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Profil Pelajar Pancasila (PPP) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil 'Alamin (PPRA) merupakan inisiatif pemerintah untuk menginternalisasikan pemahaman nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam di kalangan pelajar guna menghadapi berbagai tantangan kompleks dalam pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian berjudul Internalisasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamiin dalam membentuk karakter siswa di MIN 1 Cilacap ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis tentang internalisasi Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamiin dalam membentuk karakter siswa di MIN 1 Cilacap. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memperkaya khazanah serta kajian terkait internalisasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamiin dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitin ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, waka kesiswaan, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah internalisasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamiin dalam membentuk karakter siswa di MIN 1 Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program Internalisasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahamtan Lil ‘alamin dalam Membentuk Karakter Siswa di MIN 1 Cilacap dirancang melalui tahapan perencanaan yang matang, dengan melibatkan tim fasilitator, mengidentifikasi kesiapan madrasah, dan menentukan dimensi, tema, serta alokasi waktu. 2) Proses internalisasi dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, kokurikuler, dan budaya madrasah, dengan fokus pada pembelajaran akidah akhlak, pramuka, seni, serta projek P5PPRA. 3) Belum ada penilain secara khusus yang dirancang untuk mengevaluasi kedua profil pelajar ini dalam memperkuat karakter siswa. Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Rahamtan Lil ‘Alamiin, dan Karakter.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamiin, dan Karakter.
Subjects: Tim PAK
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MOHAMMAD IMAM WAHYUDIN
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:20
Last Modified: 23 Oct 2024 07:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27734

Actions (login required)

View Item View Item