PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 KALIGONDANG PURBALINGGA

Shofia, Zalfa Fadhilah (2024) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 KALIGONDANG PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SHOFIA ZALFA FADHILAH_PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA .pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) adalah salah satu pendekatan yang dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI, terutama dalam praktik membaca Al-Qur’an. Dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pengajaran, metode ini mampu menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif dan interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode tutor sebaya (peer teaching) dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kaligondang Purbalingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Kualitatif. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi serta triangulasi. Kemudian dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model Miles and Huberman yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini memiliki temuan bahwa penerapan metode tutor sebaya atau peer teaching dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kaligondang Purbalingga terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan evaluasi. Penerapan metode tutor sebaya (peer teaching) dalam kegiatan pembelajaran PAI pada aspek membaca Al-Qur’an memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dan motivasi belajarnya juga meningkat. Selain itu dengan adanya metode ini, terjadi peningkatan rasa percaya diri bagi tutor serta meningkatkan keterampilan sosial dan kerja tim bagi setiap peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran PAI, Metode Tutor Sebaya, Peer Teaching
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shofia Zalfa Fadhilah
Date Deposited: 23 Oct 2024 08:49
Last Modified: 23 Oct 2024 08:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27718

Actions (login required)

View Item View Item