UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA SISWA KELAS 1 DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR KABUPATEN BANYUMAS

Diah Ayu, Wulandari (2024) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA SISWA KELAS 1 DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DIAH AYU WULANDARI_ UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA SISWA KELAS 1 DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Beberapa survei menyebutkan bahwa sekitar 5-10 persen anak di sekolah mengalami gangguan berbahasa, baik bahasa lisan maupun bahasa tulis. Hal ini berarti kesadaran tentang potensi keterlambatan bahasa pada anak masih minim. Adanya kebijakan mengenai siswa TK tidak boleh diajarkan calistung (membaca, menulis dan meghitung) dan penerimaan siswa baru SD/MI tidak diperkenankan untuk melakukan tes calistung sebagai seleksi masuk SD/MI menjadi masalah serius. Selain itu kemampuan menyimak dan berbicara siswa juga buruk saat masuk SD sehingga guru perlu membantu dalam meningkatkan semua kemampuan siswa tersebut. Hal ini berarti guru sebagai pendidik yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan akademik siswa perlu memiliki upaya nyata dalam membantu mengembangkan kemampuan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya yang dilakukan oleh guru kelas 1 MI Diponegoro1 Purwokerto Lor dalam mengembangkan kemampuan bahasa siswa di kelasnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumntasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas 1 di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor sudah memiliki beberapa upaya untuk mengembangkan kemampuan bahasa siswa antara lain penggunaan metode pembelajaran yang beragam yakni mtode ceramah dan tanya jawab, metode bernyanyi dan tepuk, dan metode reading aloud. Guru juga menggunakan media pembelajaran sebagai pendukung. Selain itu guru juga mengadakan kelas tambahan dengan metode drill untuk membantu mengembangkan kemampuan siswa di luar kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, Perkembangan, Kemampuan Bahasa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Diah Ayu Wulandari
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:29
Last Modified: 23 Oct 2024 02:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27714

Actions (login required)

View Item View Item