Diah Ayu, Wulandari (2024) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA SISWA KELAS 1 DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
DIAH AYU WULANDARI_ UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA SISWA KELAS 1 DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR KABUPATEN BANYUMAS.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Beberapa survei menyebutkan bahwa sekitar 5-10 persen anak di sekolah mengalami gangguan berbahasa, baik bahasa lisan maupun bahasa tulis. Hal ini berarti kesadaran tentang potensi keterlambatan bahasa pada anak masih minim. Adanya kebijakan mengenai siswa TK tidak boleh diajarkan calistung (membaca, menulis dan meghitung) dan penerimaan siswa baru SD/MI tidak diperkenankan untuk melakukan tes calistung sebagai seleksi masuk SD/MI menjadi masalah serius. Selain itu kemampuan menyimak dan berbicara siswa juga buruk saat masuk SD sehingga guru perlu membantu dalam meningkatkan semua kemampuan siswa tersebut. Hal ini berarti guru sebagai pendidik yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan akademik siswa perlu memiliki upaya nyata dalam membantu mengembangkan kemampuan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya yang dilakukan oleh guru kelas 1 MI Diponegoro1 Purwokerto Lor dalam mengembangkan kemampuan bahasa siswa di kelasnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumntasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas 1 di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor sudah memiliki beberapa upaya untuk mengembangkan kemampuan bahasa siswa antara lain penggunaan metode pembelajaran yang beragam yakni mtode ceramah dan tanya jawab, metode bernyanyi dan tepuk, dan metode reading aloud. Guru juga menggunakan media pembelajaran sebagai pendukung. Selain itu guru juga mengadakan kelas tambahan dengan metode drill untuk membantu mengembangkan kemampuan siswa di luar kelas.
Actions (login required)
View Item |