Anung, Galih Sutanto (2024) STRATEGI PENINGKATAN PRODUKSI DAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN USAHA TANI (STUDI KASUS SUB USAHA TANI BAPAK TRISNO BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
ANUNG GALIH SUTANTO_STRATEGI PENINGKATAN PRODUKSI DAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN USAHA TANI (STUDI KASUS SUB USAHA TANI PAK TRISNO BANYUMAS).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Usaha tani merupakan rangkaian kegiatan pertanian yang dilakukan oleh petani dalam mengupayakan produksi komoditas yang maksimal untuk mendukung keberlanjutan ekonomi masyarakat dan dengan tujuan utamanya adalah kesejahteraan. Petani buah naga yang menggunakan metode natural mengandalkan alam hanya menghasilkan kuantitas dan kualitas produk yang biasa. Sedangkan, sub usaha tani (buah naga) Pak Trisno berdiri sejak 2017 yang memiliki terbosan teknologi pencahayaan lampu yang berpengaruh terhadap waktu produksinya berdampak pada peningkatan kuantitas dan kualitas, apalagi didukung dengan 100% pupuk organik dan menjadi binaan Dinas Pertanian Kabupaten Banyumas secara intensif menjadikan sub usaha tani tersebut memiliki sertifikasi buah segar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi peningkatan produksi dan pemasaran buah naga dalam meningkatkan kesejahteraan usaha tani di Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan (field research) dengan pendeketan kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian ini adalah pemilik usaha tani buah naga. Teknik analisis data yang digunakan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan produksi dan pemasaran yang diterapkan pada sub usaha tani Pak Trisno sudah efektif dalam meningkatkan kesejahteraan usaha tani, karena dengan strategi produksi penggunaan pupuk organik, optimalisasi tenaga kerja, dan pemanfaatan teknologi pencahayaan lampu. Kemudian, strategi pemasaran yang efektif dengan memanfaatkan word of mouth marketing dan didukung juga branding di media sosial. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi usaha tani buah naga untuk memperluas lahan, meningkatkan cakupan dalam ranah strategi digital marketing, dan menggiatkan kolaborasi dengan berbagai stakeholder
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Produksi, Pemasaran, Usaha Tani Buah Naga |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Manajemen Produksi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | ANUNG GALIH SUTANTO |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 01:22 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 01:22 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27709 |
Actions (login required)
View Item |