IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV MI NU KINCANG KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA

Fahrian, Rizki (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV MI NU KINCANG KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fahrian Dwi Rizki_Implementasi Pembelajaran Berdifferensiasi Dalam Pembelajaran IPAS Di Kelas IV MI NU Kincang Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran berdifferensiasi di kelas IV MI NU Kincang Rakit Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah, implementasi, dan evaluasi/ penilaian dalam implementasi pembelajaran berdifferensiasi pada mata pelajaran IPAS dengan pemanfaatan platform merdeka mengajar di kelas IV MI NU Kincang yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdifferensiasi sudah dilaksanakan pada sekolah yang diteliti. Pembelajaran berdifferensiasi ini dilakukan dalam 4 bentuk, antaranya berdifferensiasi dalam lingkungan belajar, konten, proses dan produk. Berdifferensiasi berakar pada pemetaan kebutuhan belajar peserta didik. Pemetaan kebutuhan belajar peserta ini didapat melalui survei awal, pretes atau dikenal dengan istilah asesmen awal. Selanjutnya, guru merancang pembelajaran IPAS sesuai hasil pemetaan. Namun, mendifferensiasi pembelajaran bukan berarti guru membuat materi yang berbeda-beda per satu peserta didik, mengajar dengan cara yang berbeda per satu peserta didik, apalagi membuat paket soal evaluasi yang berbeda-beda per satu peserta didik. Guru juga melakukan evaluasi dan refleksi. Differensiasi ini memerlukan lebih banyak waktu untuk melakukannya dan waktu inilah yang sering menjadi hambatan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdifferensiasi, Pembelajaran IPAS
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
000 Generalities > 080 General collections
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrian Dwi Rizki
Date Deposited: 23 Oct 2024 01:47
Last Modified: 23 Oct 2024 01:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27696

Actions (login required)

View Item View Item