EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI MTS MA’ARIF NU 1 KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

Hielmi, Anjaini Rahma (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI MTS MA’ARIF NU 1 KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FILE SKRIPSI FIX HIELMI ANJAINI RAHMA_2017101035.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Disiplin belajar adalah sikap, tingkah laku, dan perbuatan yang menunjukkan kepatuhan dan ketaatan terhadap aturan, peraturan, dan norma yang berlaku dalam proses pembelajaran seperti datang tepat waktu, tidak terlambat mengumpulkan tugas, fokus saat proses belajar berlangsung, dan patuh terhadap aturan sekolah. Unsur-unsur kedisipilina disekolah seperti displin waktu, disiplin menegakkan aturan, disiplin sikap dan disiplin beribadah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui kedisiplinan siswa kelompok eksperiment Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik modelling, 2) Unuk mengetahui kedisiplinan siswa kelompok kontrol Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik modelling, 3) Untuk mengetahui Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di MTs Ma’arif NU 1 Kebasen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian berjumlah 114 siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Kebasen Kabupaten Banyumas. Sampel dalam penelitian diambil dari siswa yang rendah dalam disiplin belajar dari hasil angket dengan Teknik purpossive sampling. Analisis data menggunakan uji sample paired t-test dengan hasil Sig. (2-tailed) 0,000 < α = 0.05, artinya H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan terdapat perbedaan skor rata-rata setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok teknik modelling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok cukup efektif memberikan pengaruh terhadap disiplin belajar siswa ditunjukan adanya peningkatan kategori disiplin belajar siswa dari yang awalnya sebagian besar memiliki disiplin belajar sedang menjadi sangat tinggi, yaitu dari 18% kategori rendah, 64% kategori sedang dan 18% kategori tinggi menjadi 45% kategori tinggi dan 55% kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Bimbingan Kelompok, Modelling, Disiplin Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hielmi Anjaini Rahma
Date Deposited: 24 Oct 2024 01:32
Last Modified: 24 Oct 2024 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27695

Actions (login required)

View Item View Item