MUTIAH, . (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA UNTUK PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Wisata Kampoeng Nopia-Mino Pekunden Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
MUTIAH_STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA UNTUK PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Wisata Kampoeng Nopia-Mino Pekunden Banyumas).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Desa wisata merupakan bentuk pengembangan pariwisata yang memanfaatkan potensi lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya yaitu desa wisata Kampoeng Nopia-Mino Pekunden Banyumas. Desa ini memiliki sekitar 1.200 penduduk, telah mengalami transformasi signifikan sejak ditetapkan sebagai desa wisata. Sebelumnya desa ini menghadapi tantangan serius termasuk kemiskinan yang tinggi dan rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan dalam mengembangkan desa wisata Kampoeng Nopia-Mino yang berlandaskan prinsip-prinsip syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini data diperoleh dari proses observasi terhadap proses pengelolaan desa wisata dan kondisi ekonomi masyarakat setempat. Selanjutnya wawancara terhadap pihak pendiri, pengelola, dan tokoh masyarakat wisata Kampoeng Nopia-Mino, serta semua informasi yang dikumpulkan melalui berbagai dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengembangkan usahanya untuk menarik wisatawan, Kampoeng Nopia-Mino menerapkan beberapa strategi di antaranya: identifikasi potensi lokal, pemberdayaan masyarakat, pengembangan infrastruktur, promosi dan pemasaran, kolaborasi dengan stakeholder, dan pembangunan berkelanjutan. Dari semua strategi yang dijalankan wisata Kampoeng Nopia-Mino sudah memberi dampak peningkatan ekonomi, namun masih perlu ditingkatkan. Dalam perspektif ekonomi Islam, strategi pengembangan desa wisata Kampoeng Nopia-Mino telah berjalan selaras dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam di antaranya: prinsip halal/thayyib, prinsip keadilan ekonomi, prinsip keberlanjutan ekonomi, prinsip pendapatan yang berkah, serta prinsip keamanan dan kenyamanan. Dengan menerapkan prinsip-prinsip tersebut, Kampoeng Nopia-Mino menjadi wisata yang lebih berkelanjutan, inklusif, dan memberikan dampak positif bagi semua pihak. Kata Kunci: strategi, desa wisata, ekonomi Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, desa wisata, ekonomi Islam |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | MUTIAH MUTIAH |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 01:51 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 01:51 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27694 |
Actions (login required)
View Item |