Alfina Rosiana, Dewi (2024) Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Loyalitas Customer (Studi Kasus Samantha Homespa Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Alfina Rosiana Dewi _ Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Loyalitas Customer (Studi Kasus Samantha Homespa Purwokerto).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kesehatan individu merupakan fondasi utama untuk menjalankan aktivitas sehari - hari dengan baik. Menurut Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009, kesehatan mencakup aspek fisik, mental, spiritual, dan sosial yang memungkinkan seseorang menjadi produktif. Saat ini, olahraga dan spa sudah menjadi gaya hidup sehat bagi sebagian orang. Spa merupakan bentuk perawatan tradisional yang holistik dan telah berkembang di Indonesia dengan menawarkan berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan. Namun, pandemi COVID-19 yang melanda sejak 2019 memaksa pelaku UMKM, termasuk jasa spa, untuk beradaptasi dengan melakukan pemasaran secara digital, salah satunya menggunakan endorsement di media sosial. Penelitian ini mengkaji strategi pemasaran digital menggunakan endorsement yang dilakukan oleh Samantha Homespa Purwokerto untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Peineilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan wawancara langsung dengan narasumber. Penelitian dilakukan antara Mei hingga Juli 2024 dengan subjek penelitian yang mencakup pemilik, karyawan, dan pelanggan Samantha Homespa Purwokerto. Kemudian data akan dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi berupa brosur dan media sosial. Selanjutnya data akan dianalisis meliputi tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian data akan diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu strategi digital marketing menggunakan endorsement yang diterapkan oleh Samantha Homespa Purwokerto terbukti efektif dalam meningkatkan jumlah orderan dan popularitas di masyarakat. Dengan pendekatan analisis SWOT, peneliti mengidentifikasi kekuatan utama perusahaan dalam promosi melalui endorsement yang berhasil menarik pelanggan baru. Secara keseluruhan, celebrity endorsement menunjukkan pengaruh signifikan dalam menarik pelanggan dibandingkan metode promosi lainnya. Persepsi pelanggan terhadap endorsement di Samantha Homespa Purwokerto cenderung positif, dimana pelanggan merasa teredukasi dan terhubung melalui konten menarik dari selebgram yang dipilih. Interaksi aktif antara selebgram dan pengikutnya menciptakan kedekatan, yang tidak hanya menarik minat pelanggan tetapi juga mendorong keputusan pembelian sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Kata Kunci: Digital Marketing, Loyalitas Customer
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Marketing, Loyalitas Customer |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Alfina Rosiana Dewi sdri |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 01:53 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 01:53 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27693 |
Actions (login required)
View Item |