UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 106 PURWOKERTO

Diva, Yona (2024) UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 106 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DIVA YONA_UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 106 PURWOKERTO.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 106 PURWOKERTO Diva Yona 1817406056 Email: [email protected] Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Abstrak: Upaya guru yang dilakukan yaitu dengan memberi bimbingan dan contoh nyata, serta tegas, memiliki pendirian, sabar dan tidak mudah marah serta menanamkan kemandirian. Disiplin merupakan proses bimbingan pada Pendidikan ank usia dini yang bertujuan menanamkan pola perilaku tertentu, kebiasaan-kebiasaan tertentu, serta membentuk manusia dengan ciri-ciri tertentu, terutama meningkatkan kualitas mental dan moral pada seorang anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan di TK Diponegoro 106 Purwokerto. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian stimulus, modelling, metode keteladanan, dan metode pembiasaan dapat membantu anak dalam menanamkan kedisiplinan. Adapun strategi yang guru lakukan untuk menanamkan kedisiplinan pada anak yaitu dengan Menyusun aturan dan rutinitas, penerapan penghargaan, model peran dan konsistensi. Sedangkan faktor yang dapat memengaruhi upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan pada anak yaitu pada faktor internal (keadaan fisik dan psikis) dan eksternal (keluarga dan lingkungan). Kata Kunci: Upaya Guru, Kedisiplinan, Anak Usia Dini   Teacher’s Efforts In Instilling Early Childhood Discipline At Diponegoro 106 Purwokerto Kindergarten Diva yona 1817406056 Email: [email protected] Abstract: The teacher’s efforts are made by providing guidance and real examples, as well as being firm, having a stand, being patient and not getting angry easly and instilling independence. Discipline is a process of guidance in early childhood education that aims to instill certain petterns of behaviour, certain habits, and form humans with certain characteristics, especially improving mental and moral qualities in a child. This reaserch uses descriptive qualitative methods conducted at Diponegoro 106 Purwokerto Kindergarten. The data collection techniques used in this study were observation, interviews and documentation. The results showed that providing stimulus, modelling, exemplary methods, and habituation methods can help children instill discipline. The strategies that teachers do to instill discipline in children are by establishing rules and routines, applying reward, role models, and consistency. Meanwhile, the factors that can influence teacher’s efforts in instilling discipline in children are internal (physical and psychological conditions) and external (family and environment) factors. Keyword: Teachers Efforts, Discipline, Early Childhood

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kedisiplinan, Anak Usia Dini Teachers Efforts, Discipline, Early Childhood
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Diva Yona
Date Deposited: 23 Oct 2024 01:59
Last Modified: 23 Oct 2024 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27686

Actions (login required)

View Item View Item