LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM DALAM MENENTUKAN STUDI LANJUT DI MTSN 16 JAKARTA TIMUR

Rinita, Robiatul Adawiyah (2024) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM DALAM MENENTUKAN STUDI LANJUT DI MTSN 16 JAKARTA TIMUR. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Rinita Robiatul Adawiyah_Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom dalam Menentukan Studi Lanju.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Memahami potensi diri, mengidentifikasi tantangan, dan mengembangkan program studi merupakan faktor-faktor yang bisa memengaruhi keputusan untuk meneruskan pendidikan. Kesadaran diri dan kepercayaan diri murid bisa ditingkatkan melalui program bimbingan kelompok. Bimbingan itu sendiri membantu anak-anak menemukan jati diri mereka melalui pengelolaan lingkungan dan perencanaan masa depan. Konsultasi di ruang kelas sebagai suatu metode yang digunakan dalam konseling kelompok. Konselor menggunakan strategi ruang kelas untuk membantu anak-anak mengatasi masalah mereka dengan menciptakan ruang yang nyaman di mana mereka merasa cukup aman untuk berbicara tentang tantangan yang mereka hadapi dan solusi yang mereka temukan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak layanan bimbingan kelompok di MTSN 1 Jakarta Timur yang menggunakan pendekatan ruang kelas terhadap keputusan siswa untuk meneruskan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Untuk hasil yang lebih tepat dan komprehensif, data primer dikumpulkan dengan berbicara langsung kepada subjek. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan pembuatan kesimpulan. Kegiatan layanan bimbingan kelompok di MTs Negeri 16 Jakarta yang memakai teknik home room memberikan dampak positif dalam menunjang murid kelas IX menetapkan pilihan studi lanjut. Bimbingan ini dipandu oleh guru bimbingan dan konseling yang memakai metode diskusi, memungkinkan siswa untuk memanfaatkan dinamika kelompok dalam memecahkan permasalahan akademis mereka Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Homeroom, dan Studi Lanjut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3304 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rinita Robiatul Adawiyah
Date Deposited: 22 Oct 2024 08:40
Last Modified: 22 Oct 2024 08:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27671

Actions (login required)

View Item View Item