Sinarti, Rahayu (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI SD N 2 KARANGSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Sinarti Rahayu_Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Di SD N 2 Karangsari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter yang sekarang sedang diupayakan oleh pemerintah Indonesia, salah satunya yaitu dimasukan ke kurikulum pendidikan, saat ini yaitu Kurikulum Merdeka. Sebuah karakter yang harus dimiliki oleh semua orang dan harus diajarkan sedari sekolah dasar, memiliki karakter yang kuat bisa menjadi bekal untuk masa depan sebuah bangsa. Anak sekarang memiliki karakter yang cenderung menurun akibat dari kurangnya pengetahuan mengenai karakter, dimana anak sudah harus ditanamkan pendidikan karakter sedari dini. Dengan demikian yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SD N 2 Karangsari?. Kemudian tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SD N 2 Karangsari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di SD N 2 Karangsari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa di SD N 2 Karangsari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Hasil penelitian bahwa implementasi pendidikan karakter di SD Negeri 2 Karangsari, dilaksanakan secara terintegratif dalam proses pembelajaran di kelas dan di luar kegiatan pembelajaran kelas. Kegiatan penanaman karakter di SD tersebut tidak hanya melakukan proses belajar mengajar tetapi ada kegiatan lain yang berhubungan dengan pendidikan karakter. Penanaman karakter di kelas, meliputi pembiasaan setiap pagi seperti hafalan suratan, membaca asmaul husna, baris di depan kelas. Sedangkan penanaman pendidikan karakter di luar kelas, meliputi pelaksanaan ekstrakulikuler secara rutin, pemberian nasihat dan motivasi. Strategi untuk penerapan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di SD Negeri 2 Karangsari di antaranya yaitu melalui pembiasaan, keteladanan, membuat suasanan kelas agar kondusif, dan pemberian nasehat dan motivasi. Dengan kata lain, penanaman pendidikan karakter di SDN 2 Karangsari sudah cukup baik dari yang awalnya 50% sekarang meningkat menjadi 70% dan akan terus ditingkatkan setiap tahunnya untuk menjadikan peserta didik memiliki karakter yang bagus dan bisa menjadi bekal masa depan nantinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Karakter Disiplin, Karakter Taggungjawab |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3205 Disiplin Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | SINARTI RAHAYU |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:06 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:06 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27639 |
Actions (login required)
View Item |