ANALISIS METODE TUTOR SEBAYA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MI MA’ARIF NU BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Isroul, Fatimah (2024) ANALISIS METODE TUTOR SEBAYA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MI MA’ARIF NU BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ISROUL FATIMAH_ANALISIS MEOTDE TUTOR SEBAYA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MI MA'ARIF NU BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

MI Ma’arif NU Beji merupakan sekolah dengan basic keislaman. Guru di MI Ma’arif NU Beji dituntut menjadi profesional, yang mana tidak hanya mengajarkan nilai-nilai keislaman saja, akan tetapi bagaimana supaya siswa dapat memiliki semangat belajar yang tinggi. Tidak hanya pada penguasaan materi yang baik, melainkan penguasaan berbagai metode pembelajaran untuk menarik daya tarik dan semangat siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Dengan metode tutor sebaya diharapkan mampu membuat pembelajaran matematika menjadi lebih aktif dan mudah dipahami oleh semua siswa, karena dengan metode ini membantu siswa yang kurang paham menjadi lebih mudah memahami dengan penjelasan ulang dari temanya (tutor). Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan metode kualitatif yang berfokus pada bagaimana metode tutor sebaya mata pelajaran matematika yang dilakukan dan digunakan oleh siswa kelas V di MI Ma’arif NU Beji Kedungbanteng serta peran guru dalam metode tersebut. Dalam pengujian keabsahan data ini peneliti menggunakan pengujian keabsahan data triangulasi yaitu dengan observasi, melakukan wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah metode tutor sebaya mata pelajaran matematika kelas V MI Ma’arif NU Beji dapat terimplementasi dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang telah disiapkan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi metode tutor sebaya mata pelajaran matematika kelas V MI Ma’arif NU Beji. Walaupun dalam prosesnya tidak memungkiri adanya hambatan-hambatan yang dialami dari pendidik, siswa, dan dari waktu. Namun, sudah ada upayanya untuk menangani hal tersebut. Kata kunci: Metode, Metode Tutor Sebaya, Mata Pelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode, Metode Tutor Sebaya, Mata Pelajaran Matematika.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Isroul Fatimah
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:56
Last Modified: 22 Oct 2024 03:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27638

Actions (login required)

View Item View Item