Intan, Nurmalaputri (2024) PENANAMAN NILAI TOLERANSI BERAGAMA PADA ANAK USIA DINI DI TK MULIA BAKTI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
INTAN NURMALAPUTRI_PENANAMAN NILAI TOLERANSI BERAGAMA PADA ANAK USIA DINI DI TK MULIA BAKTI PURWOKERTO.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Toleransi merupakan sikap menghormati, memperbolehkan, dan menerima terhadap keragaman opini, pandangan, keyakinan, dan praktik yang mungkin berbeda atau bertentangan dengan keyakinan pribadi. Toleransi menjadi sangat penting untuk dimiliki individu di negara yang beragam seperti Indonesia. Penanaman nilai toleransi di lingkungan sekolah bertujuan untuk mempersiapkan siswa agar mampu menerapkan dan mengembangkan sikap toleransi dalam kehidupan sosial mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan fenomena yang terjadi berdasarkan data lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai toleransi beragama di TK Mulia Bakti Purwokerto berjalan dengan baik. Penanaman nilai toleransi beragama pada anak usia dini di TK Mulia Bakti Purwokerto melalui tiga tahap yaitu; pertama tahap transformasi nilai dengan melalui kebiasaan rutin yang melibatkan penjelasan tentang perbedaan di sekitar anak, termasuk perbedaan agama. Kedua tahap transaksi nilai dengan melalui teladan langsung dan yang ketiga tahap transinternalisasi nilai dengan perayaan hari besar semua agama. Strategi yang digunakan diantaranya; pertama, pembiasaan kegiatan berdoa. Kedua, pembagian kelas sesuai kepercayaan. Ketiga, menumbuhkan sikap tidak saling membedakan satu sama lain. Keempat, perayaan semua hari besar agama. Kelima, movie time dan bercerita. Keenam, kunjungan ke tempat ibadah. Ketujuh, hiasan dinding dan alat peraga bertema multikultural. Peneliti juga melakukan pengamatan dengan menggunakan indikator penanaman nilai toleransi beragama pada anak, dan ditemukan bahwa siswa di TK Mulia Bakti Purwokerto telah mampu menunjukkan toleransi terhadap agama yang berbeda di sekitarnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Toleransi Beragama, Keragaman, dan Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Intan Nurmalaputri |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:14 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:14 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27631 |
Actions (login required)
View Item |