KREATIVITAS GURU DALAM MERANCANG MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MI MA'ARIF NU CIBEREM

FAUZAN, MUKTI MANGKUTARUNO (2024) KREATIVITAS GURU DALAM MERANCANG MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MI MA'ARIF NU CIBEREM. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
fauzan repository.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam upaya meningkatkan proses dan hasil belajar, guru dan siswa sangat berperan penting. Oleh karena itu, guru harus berupaya menciptakan strategi yang cocok sebab dalam proses belajar mengajar yang bermakna keterlibatan siswa sangat penting. Pendidik bukan hanya mempunyai peran sebagai sumber belajar, tetapi juga harus bisa menjadi motivator, pengelola, penasehat, dan inovator bagi peserta didik. Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang semakin pesat mengharuskan pendidik untuk memberikan pembelajaran yang inovatif dan efektif sesuai dengan keadaan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data. Dari hasil penelitian tentang kreativitas guru dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka kelas IV pada mata pelajaran IPAS di MI Ma’arif NU Ciberem dapat disimpulkan bahwa persiapan guru sebelum memulai pembelajaran itu sangat berpengaruh pada proses pembelajaran, maka dari itu guru harus benar-benar mempersiapkan segala hal sebelum proses pembelajaran berlangsung. Salah satu persiapan guru sebelum melakukan proses pembelajaran yaitu merancang modul ajar guna untuk dijadikan acuan saat proses pembelajaran berlangsung. Kreativitas yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu guru mengkolaborasikan antara ice breaking dengan proses pembelajaran dan dibuktikan dalam modul ajar yang telah dibuat oleh guru dan digunakan sebagai acuan oleh guru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teacher Creativity, Teaching Module, Science Subjects
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FAUZAN MUKTI MANGKUTARUNO
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:31
Last Modified: 22 Oct 2024 03:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27627

Actions (login required)

View Item View Item