KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGEMBANGKAN KONTROL DIRI BAGI SISWA YANG MELAKUKAN PERILAKU SELF-INJURY (MENYAKIT DIRI SENDIRI) DI SMP AN-NURIYYAH BUMIAYU BREBES

Muhamad Arman, Setiawan (2024) KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGEMBANGKAN KONTROL DIRI BAGI SISWA YANG MELAKUKAN PERILAKU SELF-INJURY (MENYAKIT DIRI SENDIRI) DI SMP AN-NURIYYAH BUMIAYU BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhamad Arman Setiawan_KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGEMBANGKAN KONTROL DIRI BAGI SISWA YANG MELAKUKAN PERILAKU SELF-INJURY (MENYAKITI DIRI SENDIRI) DI SMP AN-NURIYYAH BUMIAYU BREBES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Self-injury adalah tindakan yang sengaja melukai atau merusak tubuh sendiri tanpa tujuan bunuh diri. Konseling individu diperlukan untuk menjaga agar perilaku melukai diri sendiri tidak berujung pada bunuh diri yang bisa dilakukan oleh remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait Proses konseling individu bagi siswa yang melakukan perilaku self-injury di SMP An-Nuriyyah Bumiayu, terus juga tentang Pencegahan perilaku self-injury pada siswa di SMP An-Nuriyyah Bumiayu, dan Pengembangan kontrol diri siswa yang melakukan perilaku self-injury di SMP An-Nuriyyah Bumiayu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitian lapangan. Subjek dari penelitian ini yaitu guru BK, walikelas siswa yang melakukan self-injury, dan siswa yang melakukan self-injury. Pada pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Proses Konseling individu berdasarkan hasil penelitian itu melalui beberapa tahapan yaitu Tahap pembinaan, Tahap Pemahaman dan Penilaian Masalah, Tahap Penetapan Tujuan dan Target Yang Akan Dicapai Oleh Klien¸Tahap Seleksi Strategi, Tahap Implementasi Strategi, Tahap Evaluasi Dan Tindak Lanjut, Tahap Terminasi. Adapun Stategi atau metode yang di gunakan yaitu Cognitive Behavioral Therapy (CBT). Berdasarkan dari hasil penelitian pengembangan kontrol diri siswa dilihat dari 3 Aspek yaitu Kontrol Perilaku, Kontrol Kognitif dan Kontrol Dalam Mengambil Keputusan (Decession Making).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konseling Individu, Self Injury, kontrol diri, siswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.3 Counseling and Interviewing
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muhamad Arman Setiawan
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:56
Last Modified: 22 Oct 2024 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27619

Actions (login required)

View Item View Item