Ristia Nur, Utami (2024) BIMBINGAN KEMANDIRIAN MELALUI PROGRAM KHUSUS BINA KOMUNIKASI, PERSEPSI, BUNYI DAN IRAMA (BKPBI) BAGI SISWA TINGKAT SMP TUNARUNGU DI SLB ABCD KUNCUP MAS BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Ristia Nur Utami_Bimbingan Kemandirian Melalui Program Khusus Bina Komunikasi, Persepsi, Bunyi dan Irama (BKPBI) Bagi Siswa Tingkat SMP Tunarungu di SLB ABCD Kuncup Mas Banyumas.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Bimbingan kemandirian dapat dirumuskan sebagai bantuan kepada individu atau kelompok dalam menangani permasalahan sehari-hari serta membantu anak-anak mengembangkan potensi yang mereka miliki. Bina Komunikasi, Persepsi, Bunyi dan Irama merupakan suatu pembinaan yang memberikan gambaran dan evaluasi terkait kemampuan siswa dalam memahami dan mengidentifikasi suara agar dapat berkomunikasi dengan baik. Bina Komunikasi, Persepsi, Bunyi dan Irama yang dimaksud adalah kemampuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan perawatan individu agar siswa dapat berkomunikasi dengan baik, meningkatkan kreativitas, melaksanakan aktivitas sehari-hari secara mandiri, dan mempunyai kepercayaan diri. Tunarungu adalah individu yang memiliki hambatan pendengaran sehingga membuatnya sulit untuk memahami bahasa dan melakukan aktivitas sehari-hari seperti manusia normal lainnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan pendekatan studi kasus dengan mengambil lokasi di SLB ABCD Kuncup Mas Banyumas dengan mengidentifikasi tujuan dari program khusus BKPBI yang diterapkan di sekolah tersebut dan evaluasi pelaksanaan bimbingan kemandirian bagi siswa tunarungu di sana. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kemandirian oleh guru pembimbing BKPBI telah membantu siswa tunarungu dalam pemahaman materi dengan berbagai metode dan media, kemampuan praktik langsung kegiatan sehari-hari, serta pengembangan potensi melalui pelatihan kemandirian. Kata kunci: Bimbingan Kemandirian, BKPBI, Tunarungu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kemandirian, BKPBI, Tunarungu |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.346 Sekolah Luar Biasa (Difabel) |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Ristia Nur Utami |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:59 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:59 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27589 |
Actions (login required)
View Item |