PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Dini, Fitriana (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dini Fitriana_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE CRITICAL RHINKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEDUNGBANTENG.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Kedungbanteng Banyumas. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Peneliti memilih model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking untuk mengatasi rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking terhadap kemampuan pemahaman konsep matemtis dan kemandirian belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quacy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kedungbanteng Banyumas. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan cluster random sampling/acak kelas sehingga 36 siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis, angket untuk mengukur kemandirian belajar, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil dari penelitian menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis yang dibuktikan dengan hasil rata-rata Posttest kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking lebih besar daripada kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan berupa model pembelajaran ceramah. Kemudian hasil uji-t terhadap posttest kemampuan pemahaman konsep matematis dengan taraf signifikansi 0.05 diperoleh nilai signifikansi 0.000 dan hasil uji-t terhadap posttest kemandirian belajar dengan taraf signikansi 0.05 diperoleh nilai signifikansi 0.010 dimana hasil tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05. Maka model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kedungbanteng Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Deep Dialogue Critical Thinking, Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Dini Fitriana
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:55
Last Modified: 22 Oct 2024 02:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27578

Actions (login required)

View Item View Item