KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK ASYIYAH BUSTANUL ATHFAL KALIERANG 1 MAJAPAHIT KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Taniya, Taniya (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK ASYIYAH BUSTANUL ATHFAL KALIERANG 1 MAJAPAHIT KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Taniya_2017401026.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan merupakan pondasi bagi sebuah organisasi maupun lembaga masyarakat. Apalagi dalam lembaga Pendidikan, yang mana kepemimpinan atau kepala sekolah berperan sebagai seseorang yang mempengaruhi segala aktivitas dalam proses pembelajaran. Pada tahun ini kurikulum yang resmi digunakan pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia adalah kurikulum merdeka. Kurikulum Merdeka mengembangkan karakter peserta didik sesuai dengan projek penguatan profil pelajar pancasila atau yang disingkat P5. Pada implementasi kurikulum Merdeka terutama pada jenjang taman kanak-kanak kepemimpinan kepala sekolah belum sepenuhnya memahami pengaruh adanya pimpinan untuk keberhasilam pengembangan sistem pembelajaran yang mengacu pada P5. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi kurikulum Merdeka belajar di TK ABA Kalierang 1 Bumiayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenisnya fenomologi. Lokasi penelitian di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalierang 1 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. narasumber penelitian ini yaitu kepala sekolah TK ABA Kalierang, Bumiayu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di TK ini sudah berjalan, karena banyak faktor yang mendukungnya ditinjau dari kepala sekolah, guru, siswa dan wali murid yang saling berkolaborasi. Dengan demikian, dapat mendukung implementasi kurikulum merdeka di TK ABA Kalierang 1 Bumiayu untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Kepemimpinan, Kurikulum Merdeka Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: TANIYA TANIYA
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:40
Last Modified: 22 Oct 2024 03:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27577

Actions (login required)

View Item View Item