IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DENGAN ANALISIS SWOT DI SD NEGERI 1 PURWANEGARA PURWOKERTO UTARA

Gita, Dwi Oktavia (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DENGAN ANALISIS SWOT DI SD NEGERI 1 PURWANEGARA PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GITA DWI OKTAVIA_2017401025.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum adalah bagian dari sistem pendidikan yang memiliki peran penting. kurikulum harus selalu diperbarui untuk menyesuaikan diri dengan realitas, perubahan, dan tantangan dunia pendidikan agar peserta didik dapat menjadi manusia yang fleksibel. Oleh karena itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim melakukan perubahan pada kurikulum pendidikan di Indonesia, yang awalnya menggunakan kurikulum 2013 sekarang menjadi Kurikulum Merdeka. Namun, pada penerapannya terdapat beberapa guru yang masih mengalami kendala dalam mengimplementasikannya sehingga guru harus mempelajari metode pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka dengan analisis SWOT SD Negeri 1 Purwanegara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di SD Negeri 1 Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 1 Purwanegara sudah cukup baik, karena ada kekuatan yang dapat menutupi kekurangan ditinjau dari SDM yang baik, sarana prasarana yang mendukung dan letak yang strategis. Dengan demikian, dapat mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 1 Purwanegara untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Dan setelah dilakukan analisis SWOT di SD Negeri 1 Purwanegara memiliki kekuatan dan peluang yang dapat dimanfaatkan sehingga cocok menggunakan sebagai sebuah strategi SO atau Strenght Opportunities untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia dan memanfaatkan letak sekolah yang strategis, serta sarana prasarana yang memadai. Bentuk strategi SO nya yakni dengan memanfaatkan SDM yang baik, sarana prasarana yang mendukung dan letak yang strategis ini guna mendukung implementasi kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Analisis SWOT
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Gita Dwi Oktavia
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:41
Last Modified: 22 Oct 2024 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27575

Actions (login required)

View Item View Item