STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS ALAM DI TK PERTIWI GUNUNGLURAH CILONGOK BANYUMAS

Khonsa, Aisyah (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS ALAM DI TK PERTIWI GUNUNGLURAH CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
(2017406060) STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI..pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pembelajaran di dalam kelas dengan meja dan kursi belajar menjadi salah satu model pembelajaran konvensional yang umum diterapkan di lembaga TK. Padahal sesungguhnya proses belajar dapat dilakukan di mana saja termasuk di luar ruangan atau alam bebas. Strategi pembelajaran berbasis alam memberikan kesempatan anak untuk bereksplorasi dengan alam lebih luas. Penelitian ini bertujuan mengkaji Strategi Pembelajaran Berbasis Alam pada anak usia dini yang berlokasi di TK Pertiwi Gununglurah, Cilongok, Banyumas. Strategi ini mendukung perkembangan holistik fisik, kognitif, dan sosial-emosional anak melalui interaksi langsung dengan lingkungan alam. Kegiatan belajar di luar ruangan, seperti di kebun dan area wisata alam, memberi kesempatan anak untuk mengembangkan keterampilan psikomotorik, pengamatan, dan kreativitas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ini efektif meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan anak. Guru berperan sebagai fasilitator dalam kegiatan alam. Kendala seperti keterbatasan sumber daya dan cuaca diatasi dengan perencanaan fleksibel. Kesimpulannya, strategi ini efektif menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, meningkatkan minat belajar, serta mengembangkan kemandirian, kreativitas, dan kemampuan kritis anak. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Alam, Anak Usia Dini, Eksplorasi Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Berbasis Alam, Anak Usia Dini, Eksplorasi Alam
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.85 Family (Keluarga)
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Khonsa Fikti Aisyah Sdri
Date Deposited: 22 Oct 2024 04:33
Last Modified: 22 Oct 2024 04:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27556

Actions (login required)

View Item View Item