LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA DI SMA NEGERI BANYUMAS

Alvi Khasanatin, 1223103026 (2017) LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA DI SMA NEGERI BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ALVI KHASANATIN_LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Konselingindividuadalahkuncidarisemuakegiatanbimbingandankonseling,dimana proses konseling individual merupakanrelasiantarakonselordenganklien, jugamerupakanhubungankonseliatauklienuntukmenemukansumberdirisendirimaupunsumberdariluardirinya, baikdarilembagaatausekolahdanmasyarakatdalamupayamencapaiperkembagandanpenyesuaian yang optimal, sesuaidengankemampuanya. Melaluilayanankonselingindividusiswadiajakuntukdapatmengambarkandirinyadanmemahamidiridanlingkunganyauntukmencapaikeberhasilandalammewujudkanpengembanganpotensinya. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmengetahuiperencanaan, pelaksanaandanevaluasimetodelayanankonselingindividudalammeningkatkankemandiriansiswa di SMA NegeriBanyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiriatas 3 alurkegiatan yang berlangsungbersamaan, yaitureduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah memahami deskripsi yang disajikan hasil akhir penelitian. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwalayanankonselingindividudalammeningkatkankemandiriansiswa di SMA NegeriBanyumasdilakukandenganbeberapatahapan, yaitu (1) TahapAwalmeliputiidentifikasisiswa, mengaturwaktupertemuan, danmempersiapkanfasilitaslayanan; (2) Tahappelaksanaan, meliputisiswadipanggildansiswamemenuhipanggilan, dalamhalinimencakupmenerimasiswadanmembangunhubungan, identifikasimasalah, membahasmasalahsiswadenganmenggunakanteknik, mendorongpengentasanmasalahsiswa, memantapkankomitmensiswa, danmengakhirikonseling; (3) Tahapakhirmeliputievaluasijangkapanjangdanjangkapendek. Evaluasijangkapendekdilakukanbeberapaharisetelahberakhir proses konseling, sedangkanevaluasijangkapanjangdilakukandenganpemantauanperkembangansiswa. Padatahapakhirjugadilakukantindaklanjut, yaitudenganmelakukanpengamatandanpengawasan, baiksecaralangsungmaupuntersembunyi, sertapelaporandalambentuklaporanpelaksanaan.Siswa yang mengikutilayanankonselingindividusemakinmeningkatkemandirianbelajarnya, ditandaidengan: (1) siswasudahbisaberinteraksidenganbaik; (2) siswalebihyakindalamberpendapat, caraberkomunikasisemakinlancar; (3) siswamampumemberikankesandanpesan yang sesuaidenganmaterilayanan; (4) siswamenunjukanantusias yang tinggiselamapelaksanaanlayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LayananKonselingIndividu, KemandirianSiswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:54
Last Modified: 30 Aug 2017 07:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2754

Actions (login required)

View Item View Item