REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN TASAWUF DALAM BUKU K.H HAMIM TOHARI DJAZULI (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE)

Shiddieq, Abdul Rohman (2024) REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN TASAWUF DALAM BUKU K.H HAMIM TOHARI DJAZULI (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Shiddieq_Abdul_Rohman_RepresentasiNilaiPendidikanTasawufdalambukuK.HHamimTohariDjazuli(AnalisisSemiotikaFerdinandDeSaussure).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas saat ini banyak pemberitaan media massa, baik langsung dari media cetak maupun tidak langsung melalui media elektronik, kerap menggambarkan kejadian-kejadian terkait kesalahpahaman agama generasi modern. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak yang menganut ajaran yang belum tentu dibenarkan oleh agama. Pendidikan tasawuf pada anak sangatlah penting karena mempengaruhi kepribadiannya di masa dewasa dan pendidikan spiritualnya mempengaruhi keberhasilannya setelah ia tumbuh dan berkembang. Metode Penelitian yang digunakan pada skripsi ini yaitu dengan menggunakan metode kualitatif studi pustaka (library research) dengan sumber data primer yaitu buku yang berjudul K.H. Hamim Tohari yang diterbitkan oleh Pondok Pesantren Al Falah Ploso dan data sekunder yang bersumber dari hal-hal yang tertulis, seperti buku-buku, majalah, artikel, dan jurnal. Metode analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan teori analisis semiotika yang dipelopori oleh Ferdinand De Saussure. Dalam proses pencarian arti dengan menggunakan penanda dan petandanya, yang keduanya terdapat suatu hubungan yang tidak dapat dipisahkan dari tanda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam buku K.H. Hamim Tohari Djazuli Sang Pendakwah Eksentrik terdapat nila-nilai pendidikan tasawuf yang meiputi 6 hal yaitu praktik spiritual Dzikrul Ghofilin yang berisi bacaan wiridan, Asma’ul Khusna, Al- Fatihah, bacaan doa dan istighfar, tazkiyatun nafs yang menjaga dalam hal ibadahnya dengan menambahkan amalan-amalan semaksimal mungkin, tradisi Sema’an Al-Qur’an Jantiko Mantaba), dan pendekatan inklusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Tasawuf, Analisis Semiotika Ferdinand, buku K.H Hamim Tohari.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf > 2x5.22 Ajaran Tasawuf
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.3 Tarekat
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.4 Do'a dan Zikir
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.21 Fungsionaris Dakwah : Wali, Ulama, Muballig, Da'i
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shiddieq Abdul Rohman
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:21
Last Modified: 21 Oct 2024 03:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27519

Actions (login required)

View Item View Item