Pengaruh Gaya Hidup Digital, Live Streaming, Content Marketing, Dan Influencer Marketing Terhadap Intensitas Belanja Online Pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Generasi Z Pengguna Shopee di Kabupaten Banyumas)

Mohamad, Yogi Prastio (2024) Pengaruh Gaya Hidup Digital, Live Streaming, Content Marketing, Dan Influencer Marketing Terhadap Intensitas Belanja Online Pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Generasi Z Pengguna Shopee di Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Mohamad Yogi - Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perkembangan internet telah mengubah cara konsumen berbelanja secara global. Dulu, banyak orang berbelanja secara tradisional, tetapi sekarang lebih banyak yang beralih ke platform belanja online. Shopee adalah salah satu platform belanja online terbesar di Indonesia. Menurut SimiliarWeb dalam kuartal III tahun 2023, Shopee mencatat rata-rata kunjungan sebanyak 216 juta per bulan. Perkembangan teknologi membuat manusia menggunakan teknologi sebagai gaya hidup. Kemudahan akses yang diberikan oleh gaya hidup digital menjadi pendorong utama seseorang dalam berbelanja online. Shopee sebagai platform e-commerce terbesar, telah berhasil memanfaatkan inovasi teknologi sebagai media pemasaran, penambahan fitur live streaming dan content marketing membuat pemasaran shopee semakin menarik, selain itu peran influencer juga semakin membuat intensitas belanja seseorang semakin meningkat. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Generasi Z pengguna Shopee di Kabupaten Banyumas. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 385 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisi regresi berganda, Uji signifkansi parsial, dan Uji signifkansi simultan dengan alat bantu SPSS. Hasil uji signifikansi parsial menunjukkan variabel gaya hidup digital, live streaming, dan content marketing berpengaruh secara signifikan terhadap intensitas belanja online, sementara variabel influencer marketing tidak berpengaruh terhadap intensitas belanja online. Berdasarkan hasil uji signifikansi simultan menunjukkan variabel gaya hidup digital, live streaming, content marketing, dan influencer marketing secara bersama-sama berpengaruh terhadap intensitas belanja online generasi Z pengguna Shopee di Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup Digital, Digital Marketing, Intensitas Belanja, E-commerce Shopee
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mohamad Yogi Prastio
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:41
Last Modified: 21 Oct 2024 02:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27515

Actions (login required)

View Item View Item