ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEAMANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS: NASABAH KSPPS ZAM-ZAM BAROKAH MUHAMMADIYAH CILONGOK)

Fadilah, Dwi Agustina (2024) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEAMANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS: NASABAH KSPPS ZAM-ZAM BAROKAH MUHAMMADIYAH CILONGOK). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fadilah Dwi Agustina_Analisis Pengaruh Kualitas Pelaynan dan Keamanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Moderasi (Studi kasus Nasabah KSPPS Zam-Zam Barokah Muhammadiyah Cilongok).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam Syariah (KSPPS) adalah lembaga keuangan bukan bank yang berbadan hukum koperasi yang menggunakan sistem bagi hasil dan menerapkan aturan menurut syariat Islam. KSPPS telah menyebar di beberapa wilayah Indonesia untuk meningkatkan pengembangan dan pemberdayaan usaha kecil dan menengah. Salah satu KSPPS di Kabupaten Banyumas tepatnya di Kecamatan Cilongok yaitu KSPPS Zam-Zam Barokah Muhammadiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan keamanan baik secara langsung maupun tidak langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun Teknik pengambilan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dengan populasi dalam penelitian ini adalah nasabah KSPPS Zam-Zam Barokah Muhammadiyah Cilongok. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 112 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, namun variabel keamanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Sedangkan variabel kepuasan tidak dapat memoderasi kualitas pelayanan dan keamanan nasabah KSPPS Zam-Zam Barokah Muhammadiyah Cilongok. Saran untuk penelitian selanjutnya agar menambahkan atau mengganti variabel independen yang lain yang sebelumnya tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Keamanan, Kepuasan dan Loyalitas
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Fadilah Dwi Agustina
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:40
Last Modified: 21 Oct 2024 03:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27506

Actions (login required)

View Item View Item