PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADLX (ACTIVE DEEP LEARNER EXPERIENCE) UNTUK MENINGKATKAN NALAR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDIT HARAPAN BUNDA 01 PURWOKERTO

Muslim, Fikri (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADLX (ACTIVE DEEP LEARNER EXPERIENCE) UNTUK MENINGKATKAN NALAR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDIT HARAPAN BUNDA 01 PURWOKERTO. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUSLIM FIKRI_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADLX (ACTIVE DEEP LEARNER EXPERIENCE) UNTUK MENINGKATKAN NALAR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDIT HARAPAN BUNDA 01 PWT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran ADLX (Active Deep Learner eXperience) untuk meningkatkan nalar kritis peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDIT Harapan Bunda 01 Purwokerto. Melalui pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ADLX memberikan dampak positif terhadap peningkatan nalar kritis peserta didik melalui aktivitas belajar yang aktif dan mendalam. Selain itu, model ini juga memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar, prestasi akademik, dan pengembangan karakter peserta didik. Penerapan prinsip TERPADU (Telaah, Eksplorasi, Rumuskan, Presentasikan, Aplikasikan, Duniawi, dan Ukhrowi), serta strategi INTROFLEX (Individualisasi, Interaksi, Observasi, dan Refleksi), mampu memfasilitasi peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Guru dapat menyesuaikan pembelajaran berdasarkan kebutuhan individu, sementara teknologi dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung proses belajar. Hal ini menciptakan suasana pembelajaran yang lebih terarah dan responsif terhadap tantangan abad ke-21. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan kurikulum berbasis teknologi dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Penelitian ini menawarkan rekomendasi untuk pengembangan modul pembelajaran, pelatihan guru, serta peningkatan infrastruktur teknologi di sekolah. Dengan demikian, temuan ini memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam, memperkuat karakter peserta didik yang berdaya saing, serta nalar kritis peserta didik secara holistik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; ADLX (Active Deep Learner eXperience); Prinsip TERPADU; Nalar Kritis; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muslim Fikri
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:34
Last Modified: 21 Oct 2024 02:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27498

Actions (login required)

View Item View Item