Fadila, Fitrotunisa (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LOOSE PARTS UNTUK MENGENALKAN LITERASI ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI KLAPASAWIT. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Fadila Fitrotunisa_Implementasi pembelajaran loose parts untuk mengenalkan literasi anak usia dini di TK Pertiwi Klapasawit_.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan anak usia dini ialah suatu usaha pembinaan yang dimaksudkan untuk anak sejak lahir hingga berusia enam tahun yang dilaksanakan dengan pemberian rangsangan pendidikan guna menunjang pertumbuhan jasmani dan rohaninya supaya anak memiliki kesiapan berlanjut ke jenjang pendidikan setelahnya. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif anak usia dini, diperlukan media pembelajaran dalam penyampaian materi. Salah satunya yaitu melalui loose parts seperti yang dilakukan di TK Pertiwi Klapasawit. Pemilihan media pembelajaran berbahan loose parts karena bahannya beragam bentuk dan bisa dibongkar pasang berdasarkan keinginan anak, selain itu bahan loose parts juga mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang berlokasi di TK Pertiwi Klapasawit, Desa Klapasawit, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas. Peneliti mengaplikasikan pendekatan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Implementasi pembelajaran loose parts untuk mengenalkan literasi anak usia dini di TK Pertiwi Klapasawit bisa dikatakan mampu meningkatkan literasi serta perkembangan kognitif pada anak. Upaya yang dilakukan guru yakni dengan memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah serta menggunakan media yang sesuai seperti loose parts dengan pojok baca, pojok matematika, pojok literasi bahasa, kartu huruf, LKA, mendongeng, dan tanya jawab huruf yang bisa meningkatkan ketertarikan dan semangat anak dalam belajar. 2. Kemampuan literasi anak usia dini di TK Pertiwi Klapasawit dengan diterapkannya media loose parts mengalami peningkatan. Karena, anak bisa lebih kreatif dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Anak Usia Dini, Media Loose Parts, Kemampuan Literasi Anak |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | FADILA FITROTUNISA |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:54 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:54 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |