Eti, Setiana (2024) PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN NASABAH PADA TABUNGAN WADIAH DI BPRS BUMI ARTHA SAMPANG KC PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Eti Setiana_Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Tabungan Wadiah di BPRS Bumi Artha Sampang KC Purwokerto.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kepuasan nasabah adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. Kepuasan nasabah itu konsep yang mendasar dalam menjaga hubungan jangka panjang untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, mengingat perusahaan harus mampu mempertahankan persaingan yang semakin ketat serta keterbatasan adanya akses layanan perbankan digital dapat mengurangi kepuasan nasabah menabung secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepercayaan, kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada tabungan wadiah di BPRS Bumi Artha Sampang KC Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan teknik purposive sampling. Populasi sebanyak 776 nasabah dengan perhitungan sampel rumus slovin menghasilkan sebanyak 89 responden. Teknik analisis data menggunakan Uji Rank Spearman, Uji Kendall’s W dan Regresi Ordinal menggunakan program SPSS 26. Berdasarkan analisis korelasi rank spearman menghasilkan korelasi yang dapat disimpulkan bahwa kepercayaan (0,377), kualitas produk (0,402), dan kualitas pelayanan (0,501) secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Hasil uji kendall’s w menunjukan hasil sebesar 0,634 yang membuktikan adanya korelasi antara variabel dengan arah positif. Hasil analisis regresi ordinal pada pengujian regresi ordinal table model fitting information menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, kualitas produk, dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Kemudian pada model parameter estimates menunjukkan secara simultan kepercayaan, kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Eti Setiana |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 06:26 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:26 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27448 |
Actions (login required)
View Item |