TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KENAIKAN TARIF PARKIR PADA WAKTU TERTENTU (Studi Kasus di D'LAS Serang Purbalingga)

Tita Nurul, Fitriana (2024) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KENAIKAN TARIF PARKIR PADA WAKTU TERTENTU (Studi Kasus di D'LAS Serang Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TITA NURUL FITRIANA_TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KENAIKAN TARIF PARKIR PADA WAKTU TERTENTU (Studi Kasus di D'LAS Serang Purbalingga).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Momen libur panjang dan acara khusus menjadi peluang strategis bagi pelaku bisnis untuk mengoptimalkan pendapatan, seperti yang diterapkan oleh objek wisata D'LAS di Purbalingga melalui kebijakan kenaikan tarif parkir. Namun, implementasi kebijakan ini tidak hanya menimbulkan beragam tanggapan dari pengunjung, tetapi juga menunjukkan ketidakselarasan dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yang dirumuskan oleh Syed Nawab Haider Naqvi. Ketidakselarasan ini terutama terlihat dalam aspek keseimbangan (equilibrium), kebebasan berkehendak (free will), serta pertanggungjawaban (responsibility) terhadap dampak kebijakan tersebut pada pengalaman pengunjung. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memahami mekanisme kenaikan tarif parkir di D'LAS Serang Purbalingga dan menganalisis bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap kenaikan tarif parkir di D'LAS Serang Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang menerapkan metode yuridis empiris.Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Seluruh data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang fenomena yang diteliti. Peraturan Daerah Kabupaten Purbalingga Nomor 5 Tahun 2023 mengatur tanggung jawab penyelenggara perparkiran dan hak pengguna jasa parkir. Pengelolaan parkir telah menunjukkan beberapa kesesuaian dengan regulasi ini, namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan. Ditinjau dari etika bisnis Islam menunjukkan bahwa penerapan prinsip dan nilai-nilai Islam dalam berbisnis dalam kebijakan tersebut masih belum optimal. Meskipun prinsip ketauhidan (unity) tercermin dalam upaya meraih keuntungan yang sesuai syariat, prinsip keseimbangan (equilibrium) belum terpenuhi karena adanya ketidakpuasan pengunjung dan kurangnya peningkatan fasilitas. Prinsip kebebasan berkehendak (free will) dan pertanggungjawaban (responsibility) terlihat, namun masih perlu ditingkatkan dalam hal komunikasi, penyediaan fasilitas, dan pertimbangan kemampuan ekonomi pengunjung. Secara keseluruhan, pengelola D'LAS perlu meningkatkan penerapan nilai-nilai Islam dalam berbisnis seperti kebenaran, amanah, keikhlasan, persaudaraan, penggunaan sains dan ilmu pengetahuan, dan keadilan, untuk mencapai keseimbangan antara optimalisasi pendapatan dan kepuasan pengunjung. Kata Kunci :Kenaikan Tarif Parkir, Etika Bisnis Islam, Prinsip dan Nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Kenaikan Tarif Parkir, Etika Bisnis Islam, Prinsip dan Nilai
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Tita Nurul Fitriana
Date Deposited: 17 Oct 2024 06:24
Last Modified: 17 Oct 2024 06:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27447

Actions (login required)

View Item View Item