ASSESMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO

Dian, Novita (2024) ASSESMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DIAN NOVITA_ASSESMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan pendekatan kurikulum yang menekankan pada pengembangan kompetensi dan karakter siswa. Untuk mendapatkan pencapaian siswa yang optimal dan sesuai dengan yang diharapkan pada proses pembelajaran harus ada yang namanya assement pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis asesmen yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui reduksi data, penyajian data, simpulan, dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis assement pembelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto dibedakan menjadi tiga jenis yaitu : 1) assesmen diagnostik, bertujuan untuk mendiagnosis kemampuan dasar siswa. Assesmen diagnostik terbagi menjadi 2 jenis yaitu diagnostik kognitif dan diagnostik non-kognitif. Pada diagnostik kognitif persiapan dan pelaksanaan yang di lakukan guru PAI dan Budi Pekerti di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto. 2) assesmen formatif, bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam assesmen fomatif penilaian yang dilakukan meliputi penilaian praktik, penilaian portofolio, penilaian produk, tes tertulis, dan tes lisan. Yang dilakukan guru PAI dan Budi Pekerti di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto hanya penilaian praktik, tes tertulis, dan tes lisan saja, karna faktor keterbatasan waktu mengajar. 3) assesmen sumatif, bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran atau capaian pembelajaran (CP) sebagai dasar penentuan kelas.. Penyusunan deskripsi capaian kompetensi pada rapor ada 3 opsi yaitu penyusunan deskripsi berdasarkan capaian pembelajaran, penyusunan deskripsi berdasarkan alur tujuan pembelajaran, penyusunan deskripsi mengambil dari poin-poin penting dari materi yang sudah diberikan. Kata Kunci : Assesmen, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Assesmen, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DIAN NOVITA
Date Deposited: 17 Oct 2024 03:12
Last Modified: 17 Oct 2024 03:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27432

Actions (login required)

View Item View Item