WIDI, ASTUTI (2024) PERAN IPNU IPPNU DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN AKHLAK REMAJA DI RANTING SUSUKAN KECAMATAN SUMBANG. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Widi Astuti_Peran IPNU IPPNU Dalam Pembinaan Pendidikan Akhlak Remaja Di Ranting Susukan Kecamatan Sumbang.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Peneliti memilih penelitian tentang pembinaan pendidikan akhlak remaja, karena di zaman yang semakin maju ini memicu terjadinya krisis akhlakul karimah. Masalah akhlak dalam ajaran islam mendapatkan perhatian yang begitu besar. Remaja di zaman sekarang sebut saja generasi milenial memiliki peran yang urgent dalam membina pendidikan akhlak, masalah remaja seperti kenakalan remaja berupa penyalah gunaan narkotika, keterlibatan dalam kejahatan, perilaku seksual yang menyimpang, tawuran antar kelompok ramaja, ketidakpatuhan kepada orang tua. Salah satu faktor penyebab yaitu lingkungan, tidak lain masalah pergaulan yang kurang baik. Sehingga dalam hal ini perlu adanya lembaga masyarakat yang membantu orang tua dan sekolah dalam pembinaan pendidikan akhlak remaja. Dalam hal ini IPNU IPPNU adalah wadah atau tempat bergaul positif dalam pembinaan pendidikan akhlak remaja, sehingga dalam penelitian ini akan mengkaji bagaimana peran IPNU IPPNU dalam pembinaan pendidikan akhak remaja di ranting Susukan kecamatan Sumbang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran IPNU IPPNU dalam pembinaan pendidikan akhlak remaja di ranting Susukan kecamatan Sumbang. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian lapangan (field research). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa keberadaan IPNU IPPNU dalam pembinaan pendidikan akhlak remaja di Ranting Susukan kecamatan Sumbang yaitu wadah bergaul posistif dengan peran dan kegiatan-kegiatanya, memberikan kesempatan kepada para remaja di desa Susukan untuk melakukan kegiatan-kegiatan posistif guna untuk penguatan tradisi Nahdlatul Ulama. Peran IPNU IPPNU dalam pembinaan pendidikan akhlak yaitu sebagai informator, komunikator, motivator, edukator, inovator dan fasilitator. Dalam menjalankan peran tersebut, IPNU-IPPNU melaksanakan kegiatan terkait pembinaan pendidikan akhlak yaitu makesta, rutinan, pembiasaan pembacaan asamul husna dan maulid simtuduror, ziarah lokal, silaturahmi sesepuh NU, peringatan hari besar islam atau PHBI dan kegiatan bersih-bersih masjid dan mushola. Faktor pendukung IPNU IPPNU dalam pendidikan akhlak yaitu adanya hubungan baik antara pengurus dengan pembina dan tokoh-tokoh agama di desa Susukan , adanya kerja sama yang baik di dalam pengurus dan anggota, dan hubungan baik antara pengurus IPNU IPPNU dengan badan otonom NU. Sedangkan faktor penghambat adalah Kurangnya kesadaran anggota dalam berorganisasi, kesibukan setiap pengurus, dan lemahnya komunikasi antar pengurus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, IPNU IPPNU, Pendidikan Akhlak remaja |
Subjects: | 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.63 Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Widi Astuti |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 02:09 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 02:09 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27421 |
Actions (login required)
View Item |