IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU KARANGPUCUNG KEC. PURWOKERTO SELATAN KAB. BANYUMAS Sti Nur Kholishotul Umah

Siti Nur Kholishotul Umah, 1323305062 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU KARANGPUCUNG KEC. PURWOKERTO SELATAN KAB. BANYUMAS Sti Nur Kholishotul Umah. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
SITI NUR KHOLISHOTUL UMAH_IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)

Abstract

Pendekatan merupakan titik tolak atau sudut pandang guru terhadap prosespembelajaran yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yangbersifat masih umum, di dalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan, danmelatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu dengansegala teorinya. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran PKn Siswa Kelas III MI Ma’arif NU Karangpucung. Bertujuan untuk mengetahui proses implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran PKn Siswa Kelas III MI Ma’arif Nu Karangpucung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitianlapangan (field research) yaitu peneliti langsung ke lapangan untuk memperolehinformasi terkait implementasi pendekatan. Objek dalam penelitian iniadalah implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran PKn Siswa Kelas III MI Ma’arif NU Karangpucung Kec. Purwokerto selatan Kab. Banyumas. Teknik yangdigunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancaradan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran denganmenggunakan pendekatan CTL membuat peserta didik lebih mudah memahamipelajaran yang diterima dengan melihat fakta. Implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran PKn meliputi: tahap perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan adalah proses penyusunan materi pelajaran, penggunaan media , penggunaan pendekatan dan metode pengajaran, dan penilaian dalam suatu alokasi waktu tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Tahap pelaksanaan adalah tahap implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran PKn. Tahap evaluasi adalah kegiatan untuk mengukur sejauh mana peserta didik mampu menyerap materi dari proses pembelajaran yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teacing and Learning, Pembelajaran PKn, dan Siswa Kelas III.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 30 Aug 2017 03:45
Last Modified: 30 Aug 2017 03:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item View Item