STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN MINAT MASYARAKAT DI PAUD ABACA LAREN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

NURINDRI, MANANSIH (2024) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN MINAT MASYARAKAT DI PAUD ABACA LAREN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN SAIZU Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NURINDRI MANANSIH_STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN MINAT MASYARAKAT DI PAUD ABACA LAREN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Semakin berkembangnya lembaga pendidikan yang ada di Indonesia menunjukan banyaknya minat masyarakat terhadap pendidikan. Persaingan di dunia pendidikan semakin ketat karena antara lembaga pendidikan yang satu dengan yang lainnya saling berlomba-lomba untuk menawarkan keunggulannya masing-masing agar dapat di lirik oleh masyarakat, oleh karena itu lembaga pendidikan perlu adanya ilmu pemasaran baik dari segi manajerial pendidik, guru, pegawai, bahkan stakeholder pun harus bisa memasarkan lembaga pendidikannya dengan baik dan professional. Tujuan dari pemasaran dalam suatu lembaga pendidikan yaitu berguna agar tersampaikannya informasi kepada masyarakat mengenai produk-produk sekolah dengan demikian sekolah tetap eksis dan jumlah pelanggannya semakin meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam mengembangkan minat masyarakat di PAUD ABACA Laren Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa strategi pemasaran PAUD ABACA Laren Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dinilai sudah baik dan efektif dengan menggunakan strategi promosi. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme masyarakat yang menyekolahkan anaknya di sekolah ini. Namun PAUD Abaca Laren tidak mempunyai strategi khusus dalam memasarkan pendidikan, hanya berpacu pada kualitas program unggulan sekolah yang selalu ditingkatkan dan gencarnya promosi yang dilakukan oleh sekolah. Promosi yang dinilai paling efektif oleh sekolah berdasarkan hasil penelitian yaitu promosi yang dilakukan menggunakan media sosial dan secara mulut ke mulut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi lembaga pendidikan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nurindri Manansih
Date Deposited: 16 Oct 2024 08:13
Last Modified: 16 Oct 2024 08:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27371

Actions (login required)

View Item View Item