MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS OUTING CLASS UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL MIFTAHUL HUDA SELANDAKA SUMPIUH BANYUMAS

Septimia Puspa, Hastria Sayu Wiwit (2024) MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS OUTING CLASS UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL MIFTAHUL HUDA SELANDAKA SUMPIUH BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text (Model Discovery Learning Berbasis Outing Class)
TESIS FIX SEPTI MIA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Model discovery learning/pembelajaran penemuan merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan agar anak menemukan dan memahami suatu konsep belajar secara mandiri melalui kegiatan eksplorasi, observasi dan pengalaman langsung, sehingga dapat mengembangkan berbagai kecerdasan anak usia dini, salah satunya yaitu kecerdasan naturalis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis model discovery learning berbasis outing class untuk mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini . Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan karena peneliti langsung terjun ke lembaga tempat penelitian. Dan objek penelitiannya adalah kegiatan outing class yang merupakan basis dari model discovery learning untuk mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini di RA Miftahul Huda Selandaka Sumpiuh Banyumas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap aktivitas belajar anak selama kegiatan outing class. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan model discovery learning berbasis outing class di RA Mifatahul Huda Selandaka Kecamatan Sumpiuh dilaksanakan melalui enam tahapan atau proses yaitu 1) perencanaan 2) pengenalan materi, 3) pelaksanaan, 4) refleksi dan evaluasi pembelajaran, 5) tindak lanjut, dan 6) kolaborasi dengan orangtua. Pada tahapan pelaksaan pembelajaran terdiri atas pembukaan, kegiatan inti, dan penutup. Model discovery learning berbasis outing class efektif dapat mengembangkan kecerdasan naturalis anak. Kegiatan yang telah dilaksanakan seperti kunjungan ke lapangan, kunjungan ke masjid, kunjungan ke Taman Asri Dino Land, kunjungan ke SRC, kunjungan ke stasiun, kunjungan ke peternakan sapi, dan kunjungan ke kantor balai desa. Bukti dari adanya perkembangan kecerdasan naturalis yaitu ketika anak terbiasa mengagumi ciptaan Allah, mampu menjaga dan merawat tanaman, tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak lingkungan dan fasilitas yang ada di tempat-tempat umum dan lainnya

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Outing Class, Kecerdasan Naturalis, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.5 General Publications of Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Septimia Puspa Hastria Sayu Wiwit
Date Deposited: 15 Oct 2024 01:49
Last Modified: 15 Oct 2024 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27317

Actions (login required)

View Item View Item