IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBUATAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI KELAS IV MI MA'ARIF NU 01 SOKARAJA TENGAH

Nur, Virda Hanani (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBUATAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI KELAS IV MI MA'ARIF NU 01 SOKARAJA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur Virda Hanani_Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembuatan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di Kelas IV MI Ma'arif NU 01 Sokaraja Tengah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak : MI Ma’arif NU 01 Sokaraja Tengah dalam proses penyampaian materi pembelajaran yang masih menerapkan metode ceramah. Karena kurangnya sumber belajar yang tersedia guru mengalami keterbatasan waktu dan kemampuan untuk membuat media pembelajaran bagi siswa. Tujuan penerapan pop up book untuk mengetahui bagaimana penerapan dan respon siswa terhadap media pop up book. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Media pembelajaran yang inovatif, dapat membuat peserta didik lebih aktif karena berbasis proyek. Media pembelajaran pop up book berbasis proyek ini juga memuat beberapa aspek yaitu kreativitas peserta didik, minat, dan penguatan karakter peserta didik. Implementasi media pop up book berbasis proyek ini dapat meningkatkan minat belajar peserta didik karena disajikan materi yang menarik dan visual yang memudahkan peserta didik dalam belajar. Implementasi media pop up book ini dilakukan dengan beberapa langkah yaitu perencanaan, penyesuaian dan penyusunan media pembelajaran pop up book dengan materi keanekaragaman budaya di Indonesia, pelaksanaan kegiatan, kegiatan pembuatan media pembelajaran pop up book dilakukan dengan teknik “v” folding yaitu dengan membuat sekat berbentuk v dan ditempelkan ditengah-tengah buku yang telah dibuat sehingga menghasilkan efek timbul pada buku dan Evaluasi, evaluasi media pembelajaran yaitu dengan memaparkan media pembelajaran yang telah dibuat secara berkelompok kemudian dipresentasikan didepan kelas dan pengisian kuesioner respon siswa. Hasil angket menunjukkan 84% dalam kategori sangat setuju. Artinya peserta didik sangat setuju dengan media pop up book berbasis proyek dapat menumbuhkan minat belajar dan ketertarikan siswa dengan inovasi media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPAS, Media Pembelajaran, PjBL, Pop Up Book
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.5 Creative Arts for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Virda Hanani
Date Deposited: 14 Oct 2024 06:14
Last Modified: 14 Oct 2024 06:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27304

Actions (login required)

View Item View Item