Destika, Putri (2024) ANALISIS FAKTOR PERSEPSI KEGUNAAN, KEPERCAYAAN, DAN FEATURES TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SEABANK DI KOTA PEMALANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
DESTIKA FITRIANI PUTRI_ANALISIS FAKTOR PERSEPSI KEGUNAAN, KEPERCAYAAN, DAN FEATURES TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SEABANK DI KOTA PEMALANG.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi telekomunikasi saat ini mengalami kemajuan pesat, akibatnya rutinitas keseharian masyarakatpun kini terpusat pada digitalisasi. Sehingga terjadi perubahan perilaku konsumen dimasa kini yang sudah beralih ke layanan transaksi berbasis teknologi dengan sistem digital banking. Ada berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi masyarakat terhadap minat menggunakan bank digital. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari faktor persepsi kegunaan, kepercayaan, dan features terhadap minat menggunakan SeaBank di Kota Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan datanya dengan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjeknya warga Pemalang yang menggunakan SeaBank. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Pengambilan sampelnya menggunakan formula Lemeshow dengan metode purposive sampling. Data berskala Interval diperoleh dengan metode MSI (Method Succesive Interval) Add-in Exel, analisis datanya menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS versi 16.0. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara persepsi kegunaan dan features terhadap minat menggunakan SeaBank di Kota Pemalang. Sejumlah fakta menunjukkan bahwa masyarakat Pemalang masih menggunakan uang tunai untuk transaksi jual beli. Dalam ekonomi Islam, layanan keuangan harus memenuhi kebutuhan dasar umat. Sementara SeaBank belum memenuhi kebutuhan pengguna di Kota Pemalang, karena tidak menyediakan kartu debit dan fitur tarik tunai. Oleh karena itu, persepsi kegunaan dan features tidak berpengaruh secara signifikan. Sementara kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan SeaBank di Kota Pemalang. Kepercayaan kuat ini sebab SeaBank memenuhi standar industri, memiliki perlindungan hukum yang memadai dan dioprasikan dibawah regulasi ketat, sehingga dipercaya oleh masyarakat di Kota Pemalang. Dalam ekonomi Islam kepercayaan menjadi elemen kunci dalam menjaga keberlanjutan bisnis. Selanjutnya, secara simultan persepsi kegunaan, kepercayaan, dan features berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan SeaBank di Kota Pemalang. Kata Kunci: Persepsi kegunaan, kepercayaan, features, minat, bank digital,Kota Pemalang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Persepsi kegunaan, kepercayaan, features, minat, bank digital,Kota Pemalang. |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Destika Fitriani Putri |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 07:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 07:21 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27303 |
Actions (login required)
View Item |