EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV MI MA'ARIF NU KARANGTURI

Denisa, Rianti (2024) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV MI MA'ARIF NU KARANGTURI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Denisa Rianti_Efektivitas Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MI Ma'arif NU Karangturi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) efektif terhadap kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV pada materi wujud zat dan perubahannya. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif NU Karangturi pada bulan Februari sampai Maret 2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 44 siswa, dengan sampel yang digunakan sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol dan 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi analisis uji coba instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, analisis lembar observasi, pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, serta effect size Cohen’s d untuk mengetahui besarnya efek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan SAVI efektif terhadap kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV, yang dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil uji-t posttest dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol, yaitu 39,32 > 22,96. Yang artinya terdapat perbedaan sebesar 16,36 poin. Selain itu, berdasarkan perhitungan effect size Cohen’s d diperoleh nilai d = 1,61 > 1,00, yang berarti pendekatan SAVI memiliki efektivitas tinggi terhadap kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV MI Ma’arif NU Karangturi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SAVI, Kemampuan Kognitif, Pembelajaran IPAS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Denisa Rianti
Date Deposited: 14 Oct 2024 06:17
Last Modified: 14 Oct 2024 06:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27302

Actions (login required)

View Item View Item