Lola, Adelia Elensafita (2024) PENGARUH DIMENSI NILAI KONSUMEN TERHADAP PERILAKU MEMILIH PRODUK HALAL PADA MASYARAKAT PURWOKERTO : IDENTIFIKASI FAKTOR NILAI FUNGSIONAL, NILAI SOSIAL, NILAI EMOSIONAL, DAN NILAI SPIRITUAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Lola Adelia Elensafita_Pengaruh Dimensi Nilai Konsumen Terhadap Perilaku Memilih Produk Halal Pada Masyarakat Purwokerto.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Purwokerto merupakan kota dengan mayoritas masyarakatnya beragama Islam, tercatat dalam Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Banyumas pada tahun 2023 ada sekitar 231.669 warga beragama Islam, hal itu membuat industri produk halal semakin berkembang pesat. Banyaknya persaingan produk halal menjadikan para produsen meningkatkan nilai konsumen pada produknya. Masyarakatpun saat ini sudah banyak yang mempertimbangkan nilai konsumen untuk memilih produk halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Nilai Konsumen Terhadap Perilaku Memilih Produk Halal Pada Masyarakat Purwokerto : Identifikasi Faktor Nilai Fungsional, Nilai Sosial, Nilai Emosional, dan Nilai Spiritual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrumen, uji regresi logistik ganda variabel dummy dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai fungsional secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku memilih produk halal, (2) nilai sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku memilih produk halal, (3) nilai emosional secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku memilih produk halal, (4) nilai spiritual secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku memilih produk halal, (5) nilai fungsional, nilai sosial, nilai emosional, dan nilai spiritual secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku memilih produk halal. Penelitian ini mempunyai implikasi manajerial yang bertujuan untuk meningkatkan nilai sosial dan nilai spiritual. Perusahaan produk halal dapat terlibat dengan komunitas Muslim dengan membantu membangun masjid atau mensponsori kegiatan amal. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggali faktor nilai konsumen lain yang mungkin mempengaruhi perilaku memilih produk halal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai fungsional, nilai sosial, nilai emosional, dan nilai spiritual. |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Lola Adelia Elensafita |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 01:14 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 01:14 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27277 |
Actions (login required)
View Item |