SISKA SEREMONIA, 1323310085 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V USMAN BIN AFFAN MI NEGERI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) | Preview |
|
![]() |
Text
SISKA SEREMONIA_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V USMAN BIN AF.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) |
Abstract
Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstruksi konsep melalui 5 langkah yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Latar belakang dari penelitian ini adalah karena pendekatan saintifik belum diterapkan di semua sekolah dan proses pembelajaran saat ini masih belum terlaksana dengan baik maka perlu adanya perubahan pada proses pembelajarannya yaitu dengan proses belajar berpikir ilmiah atau pendekatan saintifik. MI Negeri Purwokerto merupakan sekolah dibawah naungan Kementrian Agama yang telah menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas V Usman Bin Affan MI Negeri Purwokerto Kabupaten Banyumas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) denganjenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Bapak H. Sabar Munanto, S.Ag., M.Pd.I., selaku Kepala Sekolah, Waka Kurikulum Ibu Mar’atun Sholihah, S.Pd.I., guru kelas V Usman Bin Affan Ibu Juzairoh, S.Pd.I., dan siswa kelas V Usman Bin Affan. Objek yang dikaji adalah implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas V Usman Bin Affan MI Negeri Purwokerto. Sedangkan teknik analisis data yang peneliti gunakan ada 3 yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan guru mulai dari perencanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi pembelajaran sudah diterapkan dengan baik. Pada langkah perencanaan terlihat guru mempersiapkannya dengan baik mulai dari mempersiapkan media pembelajaran, sumber belajar. Kurangnya persiapan RPP sangat perlu diperhatikan. Pada pelaksanaan pembelajaran guru sudah menggunakan langkah-langkah pendekatan saintifik. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang aktif dalam proses belajar mengajar. Kemudian pada evaluasi pembelajaranpun guru kelas V Usman Bin Affan sudah melakukannya sesuai dengan peraturan pada kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 01:22 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 01:22 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |