PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEAMANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PINJAMAN BERBASIS FINTECH PADA FITUR SHOPEE PINJAM (SPINJAM) (Studi Kasus Generasi Z Di Purwokerto)

Hoerunisa, Hoerunisa (2024) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEAMANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PINJAMAN BERBASIS FINTECH PADA FITUR SHOPEE PINJAM (SPINJAM) (Studi Kasus Generasi Z Di Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Hoerunisa_Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Keamanan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan Pinjaman Berbasis Fintech Pada Fitur Shopee Pinjam (Spinjam) (Studi Kasus Generasi Z Di Purwokerto).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Di era digital saat ini, layanan pinjaman berbasis fintech semakin diminati hususnya di kalangan generasi z. salah satu platform yang menawarkan kemudahan tersebut adalah shopee pinjam (Spinjam), yang memberikan akses cepat dan fleksibel kepada pengguna dalam memperoleh pinjaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, keamanan dan kepercayaan terhadap keputusan menggunakan pinjaman berbasis fintech pada shopee pinjam. Subjek penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu generasi z di purwokerto yang pernah atau sedang menggunakan layanan spinjam pada shopee. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar menggunakan Google Form, dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, dan situs website. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode analisis regresi linear berganda, dengan bantuan perangkat lunak SPSS (Stastical Product and Service Solution) versi 24. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel persepsi kemudahan penggunaan, keamanan, dan kepercayaan berpengaruh secara posistif terhadap keputusan menggunakan spinjam pada shopee. Sedangkan berdasarkan uji simultan bahwa keseluruhan variabel independen berpengauh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar (170,264 > 2,70) dan nilai signifikan sebesar (0,00 < 0,05). Nilai koefisien determinasi (R2) adalah (84,2%) yang artinya 84,2% variasi pada keputusan menggunakan shopee pinjam dipengaruhi oleh 3 variabel bebas, yaitu: Persepsi Kemudahan Penggunaan (X1), Keamanan (X2), dan Kepercayaan (X3).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi kemudahan Penggunaan, Keamanan, Kepercayaan, Spinjam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman
600 Technology (Applied sciences) > 604 Special topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Hoerunisa Hoerunisa
Date Deposited: 11 Oct 2024 06:15
Last Modified: 11 Oct 2024 06:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27268

Actions (login required)

View Item View Item