Noviyani Putri, Mumpuni (2024) MANAJEMEN KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 1 TANALUM PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Noviyani Putri Mumpuni_Manajemen Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 1 Tanalum Purbalingga.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran berbasis proyek yang dirancang oleh Kemendikbud sebagai bagian dari implementasi kurikulum merdeka dengan upaya untuk mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri 1 Tanalum Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan projek dilakukan dengan membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi kesiapan sekolah, menentukan tema, topik, serta dimensi projek, merancang alokasi waktu, menyusun modul projek, dan merancang strategi pelaporan hasil projek. 2) Pengorganisasian dimulai dari pembagian tim fasilitator dan dilanjutkan dengan pembagian tugas tim fasilitator. 3) Pelaksanaan dilakukan dengan mengacu pada modul projek yang telah dibuat. 4) Pengawasan ini dilakukan oleh tim fasilitator, evaluasi dilakukan dengan menggunakan asesmen, dan tindak lanjut dilakukan dengan melihat hasil evaluasi. Secara keseluruhan pelaksanaan manajemen kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri 1 Tanalum Purbalingga berjalan dengan baik. Hanya saja terdapat sedikit perbaikan khususnya dalam fungsi perencanaan kegiatan P5, untuk mempelajari lebih dalam terkait pembuatan modul projek agar dapat meningkatkan evektifitas dalam kegiatan P5.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Manajemen, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Noviyani Putri Mumpuni |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 03:26 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 03:26 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27264 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |