ANALISIS PENGEMBANGAN DESA WISATA MENGGALA RANCH KECAMATAN CILONGOK MENGGUNAKAN COMMUNITY BASED TOURISM DAN CO-CREATION VALUE

Wahyu, Astiya Ramadani (2024) ANALISIS PENGEMBANGAN DESA WISATA MENGGALA RANCH KECAMATAN CILONGOK MENGGUNAKAN COMMUNITY BASED TOURISM DAN CO-CREATION VALUE. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Wahyu Astiya Ramadani_ANALISIS PENGEMBANGAN DESA WISATA MENGGALA RANCH MENGGUNAKAN COMMUNITY BASED TOURISM DAN CO-CREATION VALUE.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Desa wisata merupakan sebuah konsep pengembangan suatu daerah yang dijadikan sebagai Desa Wisata. Salah satunya wisata Menggala Ranch yang terletak di Kecamatan Cilongok dengan potensi alam yang dimiliki untuk dijadikan sebagai sebuah desa wisata. Dimana, Desa Wisata ini telah banyak menarik perhatian wisatawan dari berbagai latar belakang dengan akses jalan yang terbilang cukup terjal. Namun, masih ada pertanyaan bagaimana upaya yang dilakukan oleh pengolola wisata Menggala Ranch dalam mengembangkan wisata tersebut sehingga para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke wisata Menggala Ranch. maka sebab itu peneliti merumuskan pengembangan Desa Wisata menggunakan konsep Community Based Tourism (CBT) dan Co-Creation Value. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan Desa Wisata Menggala Ranch dengan konsep Community Based Tourism (CBT) dan Co-Creation Value. Menggunakan metode kualitatif, penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang datanya dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari wawancara dengan pengelola, karyawan, masyarakat, dan pengunjung, sementara data sekunder bersumber dari buku, jurnal, serta catatan terkait. Analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman, meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengembangkan wisata Menggala Ranch sesuai dengan indikator Community Based Tourism (CBT) diantaranya melibatkan peran masyarakat lokal dalam mengambil keputusan, manfaat yang diterima masyarakat, menjamin peran masyarakat,serta adanya pertunjukan atraksi (daya tarik). Selain itu, wisata ini sesuai dengan Aspek-aspek Community Based Tourism (CBT) diantaranya dimensi ekonomi, sosial, lingkungan, dan politik. Sedangkan untuk konsep Co-Creation Value pengelola wisata Menggala Ranch berkolaborasi dengan pengunjung, masyarakat lokal, serta pemerintah untuk mendukung keberlangsungan wisata Menggala Ranch .Kata Kunci: Desa Wisata, Pengembangan, Community Based Tourism, Co-Creation Value

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desa Wisata, Pengembangan, Community Based Tourism, Co-Creation Value
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wahyu Astiya Ramadani
Date Deposited: 11 Oct 2024 03:25
Last Modified: 11 Oct 2024 03:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27259

Actions (login required)

View Item View Item