PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) TERHADAP AKSES PERMODALAN UMKM DI KOTA PURWOKERTO

Dwitama Beryl, Suryalfihra (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) TERHADAP AKSES PERMODALAN UMKM DI KOTA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DWITAMA BERYL SURYALFIHRA_PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) TERHADAP AKSES PERMODALAN UMKM DI KOTA PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Namun demikian, UMKM juga menghadapi berbagai tantangan, salah satunya adalah terkait akses permodalan. Salah satu faktor yang diduga memengaruhi akses permodalan adalah literasi keuangan. Literasi keuangan yang rendah menyebabkan UMKM kesulitan dalam memahami dan mengakses produk dan layanan keuangan yang dibutuhkan. Selain itu, perkembangan financial technology juga berpotensi memengaruhi akses permodalan. Fintech dapat memberikan alternatif sumber pembiayaan bagi UMKM selain perbankan. Namun demikian, belum banyak UMKM yang memanfaatkan fintech untuk mengakses permodalan usahanya. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan financial technology terhadap akses permodalan UMKM di Kota Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kota Purwokerto, dengan sampel penelitian sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Adapun analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel literasi keuangan dan financial technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap akses permodalan dengan nilai sig < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel 1,984. Sedangkan secara simultan variabel literasi keuangan dan financial technology berpengaruh terhadap akses permodalan sebesar 57,2% sementara sisanya 42,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Financial Technology (fintech), Akses Permodalan, UMKM
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 020 Library and information sciences
2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Dwitama Beryl Suryalfihra
Date Deposited: 11 Oct 2024 02:31
Last Modified: 11 Oct 2024 02:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27257

Actions (login required)

View Item View Item