Melinda, Ayu Septiani (2024) PENGARUH BRAND IMAGE, PRODUCT QUALITY, SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK TABUNGAN EASY WADIAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP CILACAP KROYA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
MELINDA AYU SEPTIANI_PENGARUH BRAND IMAGE, PRODUCT QUALITY, SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK TABUNGAN EASY WADIAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP CILACAP KROYA.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Pertumbuhan Bank Syariah Indonesia mengalami peningkatan 10,53%, dengan banyaknya nasabah yang sudah beralih dari konvesional ke syariah. Tentunya banyak faktor yang menjadi penentu dalam keputusan nasabah, diantaranya brand image, product quality, service quality. faktor ini menjadi sangat penting karena bank harus membangun kepercayaan masyarakat terhadap bank syariah, nasabah memiliki persepsi tertentu terhadap reputasi, keandalan, dan nilai-nilai yang diasosiasikan dengan merek tersebut. Image positif dan sesuai prinsip syariah dapat membuat nasabah merasa lebih percaya dalam memilih produk di BSI. Selain itu, Product Quality yang baik akan memperkuat kepercayaan nasabah untuk memutusan mengambil produk yang ada di BSI. Service Quality juga menjadi faktor krusial dalam keputusan nasabah. Pengalaman positif dalam berinteraksi dengan petugas bank, kemudahan dalam proses transaksi, serta responsif terhadap kebutuhan nasabah dapat membuat nasabah percaya sehingga memutuskan memilih produk yang ada di BSI. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan easy wadiah BSI KCP Cilacap Kroya dan jumlah sampel 380 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan dibantu software SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga variabel yaitu brand image, product quality, service quality secara parsial masing-masing berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Secara simultan brand image, product service, quality service berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Hal ini selaras dengan ungkapan responden yang mayoritas menyatakan setuju bahwa BSI KCP Cilacap Kroya memiliki brand image yang dibangun sangat kuat, terpercaya dan positif. Begitu juga dengan product quality yang memiliki fitur-fitur, kinerja produk dan kemudahan akses. Terakhir, yaitu variabel service quality, hal ini dibuktikan dengan sikap ramah dan sopan dari seluruh karyawan terhadap para nasabah.
Actions (login required)
View Item |