Elisa, Dwi Yunika (2024) ANALISIS PORTOFOLIO POSISI PRODUK PEMBIAYAAN DENGAN MENGGUNAKAN MATRIKS BOSTON CONSULTING GROUP GUNA MENINGKATKAN STRATEGI BERSAING DI BPRS GUNUNG SLAMET KANTOR KAS KROYA. Skripsi thesis, UIN PROF.K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.
|
Text
Elisa Dwi Yunika_Analisis Portofolio Posisi Produk Pembiayaan Dengan Menggunakan Matriks Boston Consulting Group Guna Meningkatkan Strategi Bersaing Di BPRS Gunung Slamet Kantor Kas Kroya.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Strategi bersaing memiliki peranan penting dalam menentukan langkah guna menghadapi persaingan khususnya di sektor lembaga keuangan. Persaingan yang terjadi pada lembaga keuangan ruang lingkupnya mencakup bagaimana cara lembaga keuangan tersebut menjadi yang paling baik dan menjadi yang paling unggul dalam memiliki jumlah nasabah di pasaran.Pada hal ini proses dalam merumuskan strategi bersaing yang akan diterapkan diperlukannya alat manajemen yang mampu menilai posisi produk dengan melihat tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar. Oleh karena itu melakukan analisis dengan menggunakan Matriks Boston Consulting Group menjadi langkah strategis guna menentukan strategi bersaing pada lembaga keuangan. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yakni dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini yakni posisi produk pembiayaan dan strategi bersaing BPRS Gunung Slamet Kantor Kas Kroya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan studi kepustakaan yang digabungkan dalam uji keabsahan data triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Matriks Boston Consulting Group guna menentukan strategi bersaing pada produk pembiayaan BPRS Gunung Slamet Kantor Kas Kroya. Hasil penelitian menunjukan produk pembiayaan murabahah berada di posisi kuadran III yakni sapi perah, strategi bersaing yang dapat diterapkan yakni melakukan pengembangan produk, diversifikasi , melakukan pelayanan yang prima dan penciutan. Produk pembiayaan isthisna berada pada posisi kuadran IV yakni anjing, strategi yang dihasilkan yakni mencakup melakukan strategi pertahanan dengan penciutan, divestasi dan likudasi. Pada produk pembiayaan ijarah menempati posisi pada kuadran III yakni sapi perah, strategi yang dihasilkan yakni strategi pengembangan produk, strategi diversifikasi dan strategi penciutan. Produk pembiayaan mudharabah menempati posisi pada kuadran IV atau anjing, strategi yang dapat diterapkan mencakup pengembangan branding, melakukan inovasi serta fokus segmentasi pasar. Pada produk pembiayaan musyarakah menempati pada posisi kuadran IV yakni anjing sehingga strategi bersaing yang dihasilkan yakni pengembangan branding dan inovasi produk, perluasan segmentasi pasar dan melakukan riset pasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produk Pembiayaan, Matriks Boston Consulting Group, Strategi Bersaing |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll) 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Elisa Dwi Yunika |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 06:15 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 06:15 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27227 |
Actions (login required)
View Item |