MANAJEMEN PEMASARAN WISATA RELIGI (STUDI FENOMENOLOGI PADA TRADISI ONJE DI KECAMATAN MREBET PURBALINGGA)

Ahmad Aulia, Imron Sadewo (2024) MANAJEMEN PEMASARAN WISATA RELIGI (STUDI FENOMENOLOGI PADA TRADISI ONJE DI KECAMATAN MREBET PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AHMAD AULIA IMRON SADEWO_MANAJEMEN PEMASARAN WISATA RELIGI (Studi Fenomenologi Pada Tradisi Onje di Kecamatan Mrebet Purbalingga).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Grebeg Onje adalah tradisi yang dilaksanakan sejak dilaksanakannya konferensi pemerintah Kabupaten Purbalingga tahun 2017, yang dikelola oleh pemerintah Desa Onje. Desa wisata religi Onje diangkat menjadi desa wisata Religi dengan alasan menilik kekayaan artefak dan situs penyebaran agama Islam di Purbalingga. Dengan semakin meningkatnya kemajuan, Grebeg Onje akhirnya dijadikan kegiatan yang dianggap sebagai ciri atau metode pengenalan desa wisata religi Onje. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pemasaran wisata religi di kecamatan mrebet melalui tradisi grebeg onje. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Narasumber Dalam penelitian ini adalah kepela Desa, POKDARWIS dan Tokoh Agama di Desa Onje. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data yang digunakan Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah data reduction(reduksi data, data display (Penyajian data) serta kesimpulan. Hasil penelitian manajemen pemasaran wisata religi di kecamatan mrebet melalui tradisi Grebeg telah meresap ke dalam budaya Desa Onje, sebuah desa bersejarah yang menjadi asal-usul Kabupaten Purbalingga. Di Desa Onje, tradisi "Grebeg Onje" telah berlangsung sejak lama, meskipun namanya telah berubah. Kini, tradisi ini dilakukan setiap bulan Sya'ban dan dikenal sebagai Sadranan. Berdasarkan fungsi manajemen pemasaran yaitu perencanaan, pelaksana dan evaluasi. Serta terdapat Bauran pemasaran yang terdiri dari bentuk-bentuk wisata religi. Penulis memahami terkait bentuk-bentuk pemasaran yang tersedia disana melalui masjid Raden Sayyid kuning, Makam Raden Sayyid kuning, Upacara keagamaan/kebudayaan serta Tujuh sumber mata air(Belik) dengan melalui bentuk-bentuk wisata religi yang memiliki nilai jual promosi dan sebagai bauran pemasaran yang menjadi nilai untuk tertariknya para wisatawan terkhusus pada tradisi grebeg Onje itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran, Wisata religi, Grebeg Onje
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.3 Economic Institutions
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: AHMAD Aulia Imron Sadewo
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:43
Last Modified: 10 Oct 2024 03:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27225

Actions (login required)

View Item View Item