Pinka, Septiana (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ICE BREAKING DAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
PINKA SEPTIANA_EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ICE BREAKING DAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Sebagian siswa menganggap bahwa belajar merupakan hal yang membosankan. Dalam proses pembelajaran tentunya ada bermacam-macam metode dan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membuat susasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Pembelajaran IPAS dengan menggunakan ice breaking dan permainan ular tangga diharapkan dapat menjadi sebuah solusi untuk dapat membuat suasana belajar yang menyenangkan dan juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan ice breaking dan permainan ular tangga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MI Muhammadiyah Panusupan. Metode yang digunakan berupa metode pre-experimental design model one-group pretest-posttest design. Instrumen penelitian menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan N-Gain dan Uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang siginifikan antara nilai hasil pretest dan nilai hasil posttest. Berdasarkan perhitungan N-Gain dihasilkan nilai skor rata-rata N-Gain sebesar 0,78. Berdasarkan presentase perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang menunjukkan 78%, yang dikategorikan sebagai efektif. Hal tersebut juga dibuktikan dengan hasil uji t berpasangan diperoleh hasil sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa ho ditolak dan Ha diterima sehingga menunjukkan bahwa penggunaan ice breaking dan permainan ular tangga dalam proses pembelajaran efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Ice Breaking, Permainan Ular Tangga, Prestasi Belajar. |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | PINKA SEPTIANA |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 01:52 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 01:52 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27209 |
Actions (login required)
View Item |