EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ICE BREAKING DAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA

Pinka, Septiana (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ICE BREAKING DAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
PINKA SEPTIANA_EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ICE BREAKING DAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Sebagian siswa menganggap bahwa belajar merupakan hal yang membosankan. Dalam proses pembelajaran tentunya ada bermacam-macam metode dan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membuat susasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Pembelajaran IPAS dengan menggunakan ice breaking dan permainan ular tangga diharapkan dapat menjadi sebuah solusi untuk dapat membuat suasana belajar yang menyenangkan dan juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan ice breaking dan permainan ular tangga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MI Muhammadiyah Panusupan. Metode yang digunakan berupa metode pre-experimental design model one-group pretest-posttest design. Instrumen penelitian menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan N-Gain dan Uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang siginifikan antara nilai hasil pretest dan nilai hasil posttest. Berdasarkan perhitungan N-Gain dihasilkan nilai skor rata-rata N-Gain sebesar 0,78. Berdasarkan presentase perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang menunjukkan 78%, yang dikategorikan sebagai efektif. Hal tersebut juga dibuktikan dengan hasil uji t berpasangan diperoleh hasil sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa ho ditolak dan Ha diterima sehingga menunjukkan bahwa penggunaan ice breaking dan permainan ular tangga dalam proses pembelajaran efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Ice Breaking, Permainan Ular Tangga, Prestasi Belajar.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: PINKA SEPTIANA
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:52
Last Modified: 10 Oct 2024 01:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27209

Actions (login required)

View Item View Item