Mustakimah, Must (2024) DAMPAK AKREDITASI LEMBAGA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI WILAYAH KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Tesis Mustakimah_ok.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Mutu lembaga pendidikan dapat dimunculkan setelah melalui proses akreditasi. Sebagai bagian dari program yang menjadi tanggungjawab pemerintah, akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan penjamin standar pendidikan pada jalur formal serta nonformal yang telah mendapatkan ijin operasional dan telah melakukan kegiatan pembelajaran selama dua tahun lebih. Tahapan-demi tahapan selama kegiatan akreditasi berlangsung diikiti oleh selauruh personel yang berkaitan dengan lembaga asesi dalam bentuk kerjasama untuk penemuhan prasyarat dan syarat administrasi yang diunggah dalam aplikasi Sispena. Nilai akreditasi A,B dan C selanjutnya digunakan oleh lembaga untuk acuan dalam meningkatkan mutu serta kualitas lembaga agar memiliki daya saing dan keunggulan dari lembaga yang lain. Metodologi yang digunakan apada penelitian ini adalah pendekatan kulitatif dengan jenis penelitian fenomenologis.Dampak yang muncul pada setiap lembaga berbeda-beda bergantung pada kesiapan program tindak lanjut yang dilaksanakan oleh lembaga itu sendiri. Hal ini bisa berdasar pada penilaian yang didapat saat proses akreditasi dan bisa juga atas inisiatif dari para personal lembaga itu sendiri. Penelitian ini dilakukan di tiga lembaga pendidikan anak usia dini yang ada di wilayah kabupaten Banyumas, yakni; RA Diponegoro 178 Purwojati dengan akreditasi nilai A dan dampak akreditasi ternampak pada pola komunikasi kepala sekolah yang menerapkan gaya profetik, TK Aisyiyah Bustanul Athfal Grujugan dengan nilai akreditasi B dan dampak yang muncul pada pemanfaatan barang bekas juga bahan alam dalam pembuatan alat peraga edukatif serta RA Masyithoh 32 Pasinggangan yang terakreditasi C yang meningkatkan pengadaan sarana-prasarana setelah lembaga diakreditasi. KATA KUNCI: Akreditasi, Dampak, Mutu Pendidikan. THE IMPACT OF INSTITUTIONAL ACCREDITATION ON THE QUALITY OF EARLY CHILDREN'S EDUCATION IN THE BANYUMAS DISTRICT AREA MUSTAKIMAH NIM. 224120700009 Program Studi Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini Pascasarjana Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRACT The quality of educational institutions can be demonstrated after going through the accreditation process. As part of a program that is the government's responsibility, accreditation is carried out to determine the suitability of programs and guarantee educational standards in formal and non-formal channels that have obtained operational permits and have carried out learning activities for more than two years. Step by step during the accreditation activities, all personnel related to the assessment institution follow through in the form of collaboration to discover the prerequisites and administrative requirements uploaded in the Sispena application. The accreditation scores A, B and C are then used by the institution as a reference in improving the quality of the institution so that it has competitiveness and superiority over other institutions. The methodology used in this research is a qualitative approach with a phenomenological type of research. The impacts that arise in each institution vary depending on the readiness of the follow-up program implemented by the institution itself. This can be based on assessments obtained during the accreditation process and can also be based on the initiative of the institution's own personnel. This research was conducted at three early childhood education institutions in the Banyumas district, namely; RA Diponegoro 178 Purwojati with an accreditation grade of A and the impact of accreditation is visible in the communication pattern of the principal who applies a prophetic style, Aisyiyah Bustanul Athfal Grujugan Kindergarten with an accreditation grade of B and the impact that appears on the use of used goods and natural materials in making educational teaching aids and RA Masyithoh 32 Pasinggangan accredited C which increased the provision of facilities and infrastructure after the institution was accredited. KEYWORDS: Accreditation, Impact, Quality of Education.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Mustakimah Mustakimah |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 01:47 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 01:47 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27205 |
Actions (login required)
View Item |