IMPLEMENTASI METODE KUARTAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI ḤUFFĀẒ DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUL QUR’AN 2 CIWARAK

Nabila, Zulfah (2024) IMPLEMENTASI METODE KUARTAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI ḤUFFĀẒ DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUL QUR’AN 2 CIWARAK. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifudddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NABILA ZULFAH_IMPLEMENTASI METODE KUARTAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI ḤUFFAẒ DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUL QUR’AN 2 CIWARAK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam menghafal Al-Qur’an perlu adanya cara atau metode agar hafalan tetap terjaga dengan baik sehingga seorang penghafal Al-Qur’an dapat mengatasi problematika diantaranya dalam menghafal Al-Qur’an menggunakan metode yang monoton dan kurang maksimal menjadikan santri tidak konsentrasi dan kualitas hafalan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode kuartal dalam meningkatkan kualitas hafalan pada santri ḥuffāẓ dan menganalisis metode kuartal dalam meningkatkan kualitas hafalan santri ḥuffāẓ di Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an 2 Ciwarak menggunakan teori belajar behavioristik milik Edward Lee Thorndike. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah para santri ḥuffāẓ Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an 2 Ciwarak. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kegiatan simaan metode kuartal di Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an 2 Ciwarak. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode kuartal merupakan salah satu metode simaan unggulan yang dilakukan di Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an 2 Ciwarak untuk menguji seberapa kuat kualitas hafalan Al-Qur’an yang telah santri dapatkan. Dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 3 tahapan yaitu pra kuartalan, pas kuartalan dan pasca kuartalan. Waktu pelaksanaannya setiap satu semester yaitu satu tahun 2 kali pada bulan Rabi’ul Awal dan Ramadan. Sedangkan analisis peningkatan hafalan dengan metode kuartal menggunakan teori Thorndike mencakup 3 hukum pokok untuk menghasilkan hasil yang maksimal yaitu 1). Hukum kesiapan, para santri harus siap segalanya dari fisik, hafalan dan mentalnya 2). Hukum latihan, dengan selalu murāja’ah hafalan agar semakin lancar dan memberikan efek yang baik dengan semakin lancar hafalan 3). Hukum akibat, Dengan kesiapan dan latihan yang maksimal maka akan mengakibatkan efek yang maksimal yakni lulus ujian kuartal sehingga kualitas hafalan meningkat. Kata Kunci: Menghafal, Metode Kuartal, Al-Qur’an, Behavioristik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.7 Musabaqoh Tilawatil Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Nabila Zulfah
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:46
Last Modified: 09 Oct 2024 02:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27194

Actions (login required)

View Item View Item